Youtube Izinkan Pengguna Kustomisasi Alamat URL di Salurannya

Youtube

Alamat URL saluran di Youtube nantinya bisa dikustomisasi suka-suka. Pemilik channel atau kreator video bisa memilih alamat URL khusus yang mencerminkan saluran yang dimiliki. Ini seperti apa yang dijumpai di Google Plus beberapa waktu yang lalu.

Google juga memberlakukan hal serupa untuk alamat URL profil pengguna di Google Plus. Misalkan saja “Pengguna A” bisa kustomisasi alamat URL Google+ di alamat “Google.com/+PenggunaA”. Nah sekarang Youtube juga demikian.

Misalkan user miliki nama pengguna seperti di atas maka kustomisai URL-nya akan menjadi “Youtube.com/c/PenggunaA”. Apakah alamat URL kustomisasi sesuai dengan nama pengguna di Youtube? Sedianya tidak. Pemilik saluran bisa memilih alamat URL suka-suka yang mencerminkan nama saluran yang dimiliki.

Misalkan saja pengguna miliki saluran bernama “Tutorial Hijab Praktis”. Alamat URL kustomisasi juga tidak harus menjadi “Youtube.com/c/TutorialJilbabPraktis”. Pemilik saluran bisa memilih alamat lain yang dirasa pas atau mencerminkan channel-nya. Yang jadi persoalan kemudian, laiknya username Twitter, kustomisasi URL ini pasti berkonsep siapa cepat dia dapat. Bagi yang terlambat men-setting ucapkan selamat tinggal pada “URL cantik”.

Jika memang telah membidik alamat URL terpilih jika saluran Youtube yang dimiliki kurang populer maka itu juga percuma. Sebab, fitur ini hanya bisa dinikmati bagi mereka yang miliki jumlah pelanggan setidaknya 500 subcriber. Google akan melepas fitur ini dalam beberapa pekan mendatang.

Leave a Reply