Windows 8.1 Kalahkan Windows XP, Sistem Operasi Nomor Dua Setelah Windows 7

Windows 8.1 Kalahkan Windows XPWindows 8.1 Kalahkan Windows XP

Sistem operasi Windows 8.1 akhirnya mampu mengalahkan pangsa pasar Windows XP dan mengukuhkan posisinya sebagai sistem operasi desktop paling banyak digunakan kedua setelah Windows 7. Sampai saat ini Windows 7 memang masih menjadi sistem operasi desktop favorit dan paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan pangsa pasar lebih dari 50%.

November 2014 ini, Windows 7 memang masih memimpin pasar sistem operasi desktop di dunia dengan menguasai 55.95% pangsa pasar. Posisi kedua kini diduduki oleh Windows 8.1 dengan pangsa pasar 11,92%. Jumlah pengguna sistem operasi Windows XP ini terus mengalami penurunan dan sebagian dari mereka telah melakukan upgrade ke Windows 7 atau Windows 8.1, serta masih menguasai pangsa pasar sebesar 11,79%.

Posisi keempat diduduki oleh Apple Mac OS X dengan pangsa pasar 8,98%. Windows 8 yang merupakan versi awal dari Windows 8.1 ternyata masih cukup banyak digunakan 5,5%. Jika digabung, maka Windows 8.1 dan Windows 8 menguasai 17,43% pangsa pasar. Posisi berikutnya diduduki oleh sistem operasi Windows Vista dan Linux.

Penurunan jumlah pengguna sistem operasi Windows XP saat ini cukup masuk akal karena Microsoft telah menghentikan dukungannya sejak 8 April 2014 lalu, sehingga tak akan lagi update keamanan yang disediakan. Sebaliknya, Windows 7 mengalami pertumbuhan yang cukup pesat semenjak Windows XP dihentikan dukungannya. Hal ini sebenarnya tidak diharaokan Microsoft.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini berharap bahwa pengguna Windows XP dapat migrasi ke Windows 8.1. Namun mereka lebih memilih Windows 7 sebagai penggantinya. Bukan rahasia lagi jika Windows 8.1 adalah blunder Microsoft karena tidak sesuai dengan keinginan konsumen.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (24/11/2014), saat ini Microsoft belajar dari kesalahan dan mendengarkan keinginan konsumen untuk pengembangan sistem operasi Windows 10 yang diharapkan dapat membayar kegagalan sistem operasi versi sebelumnya.

Leave a Reply