Tren Selfie Perkotaan: Foto Selfie Sakit untuk dapat Cuti Kantor

#sickieselfie

Malas ngantor? Izin atau cuti saja. Malas lakukan itu? Selfie sakit saja untuk membuktikan Anda benar-benar sakit. Jika memang benar sakit tidak menjadi soal. Yang jadi permasalahan adalah pura-pura sakit. Itulah tren Selfie perkotaan, foto Selfie sakit, unggah di media sosial untuk jadi pembenaran dan bukti bila benar-benar sakit.

Tindakan ini sedianya masuk kategori penipuan. Meski sederhana, tapi sedianya memang menipu. Jika izin sakit demi cuti kantor ditambah bukti Selfie sakit, maka atasan bisa jadi percaya. Ia terjebak tipu muslihat yang sedianya cukup sepele.

Budaya ini sedang tren di masyarakat perkotaan. Konon, tren ini mengadaptasi apa yang terjadi di barat (luar negeri). Bukan suatu tindakan terpuji tapi memang demikian adanya. Sebuah ide gila agar cuti kantor turun lewat sebuah foto Selfie (pura-pura) sakit.

Di Twitter jika Anda telusuri tagar #sickieselfie maka muncul foto-foto Selfie dengan muka suram. Muka memelas, muka lelah, muka pucat, dan muka-muka lain yang tunjukkan paras tidak sehat. Mungkin satu atau dua dari sekian foto memang benar adanya. Orang di foto tersebut memang benar sakit. Tapi jika pura-pura, kita juga tidak bisa mengetahuinya.

Satu studi terkini yang dikutip dari Viva Log, 2.300 responden berusia 18 – 45 tahun diminta pendapat kapan mereka mengunggah foto Selfie. Cukup mengejutkan jika setengah dari responden mengaku unggah foto saat pura-pura sakit.

Apakah Anda pernah pula ikut ambil bagian dalam #sickieselfie? Jika pernah seyogianya tidak lanjutkan kebiasaan itu. Bagi yang belum mencoba alangkah baiknya tidak menjajal atau coba-coba.

Leave a Reply