Toyota Mirai: Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Dirilis Bulan Depan

toyota mirai

Toyota Mirai tidak terpengaruh dengan bahan bakar minyak (BBM). Untuk mengoperasikannya diperlukan hidrogen sebagai bahan bakar utama. Sehingga, mesinnya dipastikan lebih ramah lingkungan dengan bahan bakar yang terbarukan.

Toyota telah merilis gambar mobil hijau ini. Mirai tidak memiliki emisi udara. Residu yang dikeluarkannya hanya berupa uap air. Prinsipnya sama seperti mobil listrik yang memanfaatkan baterai listrik. Menariknya besaran baterainya lebih efisien.

Cara kerja mobil hidrogen yaitu menghasilkan listrik yang muncul dari kombinasi gas hidrogen dengan oksigen. Inilah yang kemudian akan menggerakkan motor listrik sehingga mobil berjalan. Hasil akhirnya pun hanya uap air. Mobil seperti ini nantinya dapat dikembangkan sebagai kendaraan masa depan yang tidak lagi menggantungkan pada minyak.

Toyota Mirai dibekali dengan sel bahan bakar yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 153 HP. Torsinya dapat dpacu sampai 335 Nm. Akselerasinya mampu menembus kecepatan 0 – 100 kilometer per jam hanya dalam 9 detik. Tenaga dari mirai setara dengan Toyota NAV1. Bahkan, listriknya dalam keadaan penuh bisa untuk menerangi rumah hingga satu minggu.

Dikutip dari Detik Oto, untuk mengisi hidrogen terbilang sangat cepat. Perlu waktu 5 menit untuk semuanya. Bahan bakar ini dapat dipakai untuk menempuh perjalanan hingga 482 kilometer. Ada dua tangki yang disediakan yakni 60 liter ada di bagian depan, dan belakang tersedia 62,4 liter. Tekanan tangkinya sekitar 700 bar.

Rencananya Toyota Mirai dipasarkan awal di Jepang pada Desember 2014 mendatang. Pasar selanjutnya yang dituju adalah Amerika dan Eropa di tahun 2015. Belum ada kabar apakah kendaraan ini bakal masuk ke Asia.

Leave a Reply