Sony akan Pangkas Varian Smartphone agar Cetak Keuntungan

Sony Xperia Z3 CompactSony Xperia Z3 Compact

Mengikuti jejak Samsung, Sony berencana akan memangkas jumlah varian smartphone yang akan dirilis pada tahun 2015 mendatang agar dapat mendulang keuntungan. Seperti yang kita ketahui, vendor smartphone dan konsol game asal Jepang ini telah menelan kerugian hingga 2,1 miliar untuk tahun fiskal 2014 dan ini membuat Sony harus mengambil tindakan cepat.

Sony mengambil langkah yang sama dengan Samsung, yakni mengurangi portofolio produk smartphone tahun 2015 mendatang dalam rangka memangkas biaya produksi. Perampingan varian smartphone ini diharapkan akan membuat Sony lebih fokus mencetak untung. Sony sendiri mengatakan bahwa pihaknya tidak fokus pada perluasan pangsa pasar, melainkan mencetak untung untuk memperbaiki posisinya.

“Kami tidak bertujuan untuk ukuran atau pangsa pasar, tetapi keuntungan yang lebih baik,” kata Hiroki Totoki, kepala baru divisi mobile Sony.

Akibat keputusan perampingan portofolio ini, penjualan smartphone Sony diperkirakan akan anjlok hingga 30% untuk periode tiga tahun mendatang. Meski demikian, Sony berharap keputusan ini akan meningkatkan keuntungan yang didapat oleh perusahaan yang terkenal dengan jajaran smartphone Xperia tersebut.

Selain mengungkapkan perampingan smartphone, Sony juga akan merampingkan produk TV. Perusahaan asal Jepang ini akan mengalihkan fokusnya pada pasar sensor image dan konsol game. Seperti yang kita ketahui, Sony saat ini adalah salah satu pemasok sensor kamera smartphone terkemuka saat ini dan bersaing ketat dengan Omnivision.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (25/11/2014), keputusan Sony ini tak akan merubah strategi awal mereka di pasar smartphone yang hanya fokus menggarap pasar kelas menengah ke atas. Hal ini masih terlihat jelas dengan dirilisnya varian terendah Xperia 2014, yakni Xperia E3 yang dijual dengan harga Rp 2 juta-an.

Leave a Reply