Sepakbola Gajah, Ini Sanksi Berat PSSI untuk PSIS Semarang

pss sleman psis semarang sepakbola gajah

Aksi sepakbola gajah yang terjadi di laga Divisi Utama 2014 antara PSS Sleman vs PSIS Semarang tak pelak memantik murka PSSI. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pun telah mengganjar sanksi berat untuk para personal dari masing-masing tim yang terlibat. Setelah PSS Sleman, kini giliran kubu PSIS Semarang yang dijatuhi hukuman terkait sepak bola gajah.

Manajer PSIS Semarang Wahyu Winarto dan pelatih Eko Riyadi terkena sanksi paling berat, yaitu dilarang beraktivitas seumur hidup di persepakbolaan nasional ditambah denda sebesar 200 juta rupiah.

“Mereka pimpinan PSIS di lapangan. Wahyu Winarto malah yang meminta untuk membalas gol sebelumnya. Sementara Eko Riyadi sama sekali tak berniat mencegah padahal jenderal tim. Eko Riyadi justru memberikan ucaan selamat ke pemain,” papar Ketua Komdis PSSI, Hinca Pandjaitan.

Hukuman untuk asisten pelatih Dwi Setiawan dan Budi Cipto adalah larangan beraktivitas selama 10 tahun di sepakbola nasional dan denda 150 juta rupiah. “Mereka paham apa yang terjadi, tapi tidak mencegah dan membantu membongkar perilaku buruk ini,” tukas Hinca Pandjaitan.

Sanksi larangan bermain sepakbola seumur hidup dan denda 100 juta rupiah harus diterima oleh Adi Nugroho (kiper), Komaedi (gelandang), Fadli Manan (striker), dan Saptono (striker). Dihukum berupa larangan beraktivitas seumur hidup dan denda 100 juta rupiah.

Sedangkan Sunar Sulaiman, Anam Syahrul, Taufik Hidayat, Andik Rahmat, Elina Soka, Vidi Hasiolan, dan Frengky Mahendra, dilarang beraktivitas di sepakbola selama 5 tahun dan denda 50 juta. “Mereka pemain di lapangan tapi tak mencetak gol. Mereka tetap bagian dari itu,” beber Hinca Pandjaitan.

Pemain PSIS Semarang lainnya, yakni Ivo Andre Wibowo, Safrudin Tahar, Edyanto, Ahmad Noviandani, Hari Nur Yulianto, dihukum larangan beraktivitas 1 tahun dengan masa percobaan 5 tahun dan denda 50 juta.

Sedangkan Suyatno yang berperan sebagai pembantu umum dan Aji (masseur), tidak dikenai denda tapi tidak boleh beraktivitas selama 1 tahun dengan masa percobaan 5 tahun. Adapun dua legiun asing, Ronald Fagundez dan Julio Alcorse, dilarang beraktivitas selama 5 tahun di sepakbola Indonesia dan denda 150 juta.

Leave a Reply