Samsung Z1 dengan OS Tizen Bisa Jalankan WhatsApp

Samsung Z1Samsung Z1

Samsung Z1 yang notabene adalah smartphone pertama yang menggunakan OS Tizen dikabarkan dapat menjalankan aplikasi instant messenger populer WhatsApp. Hal ini diperkuat dengan beredarnya foto smartphone Samsung Z1 yang tengah menjalankan aplikasi instant messenger yang telah diakuisisi oleh Facebook.

Tak diketahui apakah aplikasi WhatsApp pada Samsung Z1 adalah native untuk Tizen OS atau tidak. Beberapa sumber menyebutkan bahwa smartphone dengan OS Tizen seperti Samsung Z1 akan dapat menjalankan hampir semua aplikasi Android dengan menggunakan Polaris App Generator atau Android Compatibility layer.

Samsung Z1 dipersenjatai oleh layar sentuh berukuran 4 inci dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berteknologi TFT PLS kapasitif touchscreen dengan kerapatan 233 piksel per inci. Z1 menggunakan sistem operasi Tizen OS 2.3 yang mengusung antarmuka TouchWiz yang agak berbeda dengan TouchWiz pada jajaran smartphone Galaxy.

Smartphone Samsung Z1 ini kabarnya dibekali baterai berkapasitas 1500mAh. Samsung membekali Z1 dengan kamera resolusi 3,2 megapiksel fixed focus lengkap dengan LED flash yang mampu merekam video dengan resolusi HD 720p @30fps. Z1 ini dibekali dengan kamera depan VGA yang dapat digunakan untuk video call atau foto selfie.

Sektor performa, Samsung Z1 menawarkan kinerja yang tak istimewa karena hanya ditenagai oleh chipset Spreadtrum SC7727S yang mengusung prosesor dual-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 768MB dan dipadukan dengan pengolah grafis dari Mali-400.

Tak hanya itu, Z1 ini dengan memori internal berkapasitas 4GB yang dilengkapi dengan microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Vendor asal negeri ginseng melengkapi Z1 dengan konektivitas WiFi, Bluetooth, 3G HSPA, port microUSB, dan dual SIM,seperti yang dilansir dari Softpedia (12/01/2015).

Leave a Reply