Samsung Galaxy Mega 2 vs Sony Xperia T2 Ultra: Duel Phablet 6 Inci

Samsung Galaxy Mega 2Samsung Galaxy Mega 2

Samsung Galaxy Mega 2 adalah phablet terbaru yang merupakan suksesor Galaxy Mega series dengan dukungan layar sentuh berukuran 6 inci dan dijual dengan harga Rp 3.849.000. Sony Xperia T2 Ultra adalah pesaing terdekat Galaxy Mega 2 yang juga didukung dengan layar berukuran 6 inci dan dijual dengan harga Rp 3.599.000. Lalu Samsung Galaxy Mega 2 vs Sony Xperia T2 Ultra mana yang lebih unggul?

Layar & Sistem Operasi

Samsung Galaxy Mega 2 dibekali layar sentuh berukuran 6 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel berteknologi TFT LCD kapasitif dengan kerapatan layar 245 piksel per inci. Smartphone bongsor Galaxy Mega 2 telah menggunakan sistem operasi Android 4.4.3 KitKat dengan balutan antarmuka TouchWiz.

Sedangkan Sony membekali Xperia T2 Ultra dengan layar sentuh berukuran 6 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel dengan kerapatan layar mencapai 245 piksel per inci dan menggunakan teknologi Triluminos Display yang dipadukan dengan dukungan Sony Bravia Engine 2. Sony Xperia T2 Ultra ini hadir dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan mendapat update Android 4.4 KitKat.

Chipset & Prosesor

Sektor dapur pacu, smartphone Galaxy Mega 2 ini ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 4415 yang mengusung prosesor quad-core berkecepatan 1,5GHz yang akan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1,5GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Mali-400MP.

Sedangkan Xperia T2 Ultra ini mengandalkan tenaga dari chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8928 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A7 quad-core berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 305.

Sony Xperia T2 UltraSony Xperia T2 Ultra

Kamera & Baterai

Samsung Galaxy Mega 2 ini juga didukung oleh kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel autofokus yang dilengkapi dengan LED flash. tak hanya itu, Galaxy Mega 2 ini juga didukung oleh kamera depan dengan resolusi 2,1 megapiksel untuk video call dan foto selfie. Smartphone ini disokong baterai berkapasitas 2800mAh.

Sedangkan phablet Xperia T2 Ultra ini didukung oleh kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash. Xperia T2 Ultra juga dilengkapi dengan kamera depan 1,1 megapiksel. Xperia T2 Ultra juga disokong baterai berkapasitas 3000mAh yang tak dapat dilepas.

Konektivitas & Memori

Galaxy Mega 2 dibekali dengan memori internal berkapasitas 8GB yang didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 64GB. Konektivitas Galaxy Mega 2 ini cukup lengkap dengan dukungan WiFi, Bluetooth, GPS, 3G HSPA, dan 4G LTE, serta didukung fitur Ultra Power Saving dan One Handed Mode.

Sedangkan Sony Xperia T2 Ultra dibekali konektivitas yang cukup lengkap dengan dukungan Dual SIM, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, NFC, dan GPS. Sony juga membekali Xperia T2 Ultra dengan memori internal sebesar 8GB dan didukung dengan hadirnya slot microSD.

Kesimpulan

Secara umum, kedua phablet dengan layar 6 inci ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Samsung Galaxy Mega 2 unggul dengan prosesor yang lebih cepat dan memori RAM yang lebih besar. Sedangkan Sony Xperia T2 Ultra unggul dengan kamera resolusi lebih tinggi dan baterai berkapasitas lebih besar.

Lalu mana yang harus dipilih? Semua kembali pada kebutuhan, dana, dan selera Anda.

Leave a Reply