Samsung Berencana Pangkas Varian Smartphone Hingga 30% Tahun 2015

SamsungSamsung

Samsung berencana akan memangkas 30% jumlah varian smartphone yang akan dirilis pada tahun 2015 menyusul jatuhnya laba yang dihasilkan perusahaan tersebut. Samsung kabarnya akan menghadirkan lebih sedikit varian smartphone, tetapi akan fokus pada harga dan spesifikasi yang lebih kompetitif. Informasi ini telah dibenarkan oleh Robert Yi, Head of Investor Relations Samsung.

Robert Yi mengatakan saat presentasi yang dilakukan di New York bahwa Samsung akan memangkas jumlah varian smartphone yang dijadwalkan rilis pada tahun 2015 antara 25% hingga 30%. Langkah ini diambil dalam rangka mengatasi keuntungan atau laba Samsung yang jatuh akhir-akhir ini. Persaingan di pasar smartphone yang semakin ketat menjadi salah satu faktor penurunan hagemoni Samsung.

Investor Samsung tidak senang karena melihat perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini terus mengalami penurunan keuntungan. Kini perusahaan berencana untuk bangkit kembali dengan target dua digit pertumbuhan di tahun 2015. Perusahaan ini mempertahankan marjin laba operasional rata-rata 15% selama 10 kuartal berturut-turut dan kini turun hingga 7% tahun ini.

Sampai saat ini tak diketahui varian smartphone mana yang akan dihentikan oleh Samsung tahun depan. Namun perusahaan ini kabarnya akan fokus menggarap pasar entry-level dan menengah dengan menghadirkan lebih sedikit varian dan meningkatkan penggunaan komponen bersama. Tak hanya itu, Samsung nantinya akan membuat smartphone dengan spesifikasi yang lebih kompetitif.

Robert Yi juga mengatakan bahwa pihaknya akan menggempur pasar China untuk menghadang Xiaomi yang saat ini sedang melejit. Samsung sendiri saat ini dikenal dengan jajaran smartphone dengan harga yang tinggi dan menawarkan spesifikasi yang pas-pasan di pasar entry-level. Tak heran, segmen entry-level ini menjadi titik lemah Samsung yang kemudian digarap oleh para pesaingnya.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (18/11/2014), pemangkasan jumlah varian ini juga menguntungkan konsumen awam agar tidak bingung dengan banyaknya jenis dan tipe smartphone Samsung.

Leave a Reply