Penjualan Galaxy S5 Lebih Sedikit Ketimbang Galaxy S4

Samsung Galaxy S5 Electric BlueSamsung Galaxy S5 Electric Blue

Penjualan smartphone Samsung Galaxy S5 ternyata tak sebanyak Galaxy S4. Di luar perkiraan, Galaxy S5 terjual 6 juta unit lebih sedikit ketimbang Galaxy S4 pada periode yang sama. Karena terlalu percaya diri, Samsung bahkan memproduksi Galaxy S5 20% lebih banyak daripada Galaxy S4. Harapan tinggal harapan, penjualan Galaxy S5 tak sebanyak yang diperkirakan.

Informasi ini bersumber dari Wall Street Journal yang mengungkapkan adanya ketegangan internal Samsung terkait penjualan Galaxy S5 yang jauh di bawah harapan. Samsung sendiri sebenarnya memperkirakan penjualan berdasarkan survei permintaan operator di seluruh dunia. Kini stok Galaxy S5 dikabarkan melimpah dan belum terjual hingga saat ini.

Sebenarnya Samsung Galaxy S5 adalah produk yang solid dan memiliki daya saing yang cukup kuat. Hal ini tampaknya membuat Samsung terlalu percaya diri dan melupakan bahwa para pesaingnya juga merilis smartphone yang tak kalah tangguh. Kemunculan pesaing kuat seperti LG G3, HTC One M8, Sony Xperia Z3, dan bangkitnya Xiaomi sepertinya menjadi salah sati faktor menurunnya penjualan Samsung.

Tak hanya itu, belum lama ini juga bermunculan pesaing tangguh seperti Nexus 6, Motorola Droid Turbo, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus memperburuk suasana. Bahkan di China, penjualan smartphone Samsung Galaxy S5 anjlok hingga 50%! Tak heran laba Samsung kian menurun akhir-akhir ini.

Samsung Galaxy S5 dipersenjatai layar berukuran 5,1 inci dengan resolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel berteknologi Super AMOLED yang dilindungi oleh lapisan antigores Gorilla Glass 3. Galaxy S5 menggunakan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat dengan antarmuka TouchWiz versi baru.

Sektor dapur pacu, Galaxy S5 yang beredar di Indonesia ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 5420 octa-core yang ditenagai oleh quad-core ARM Cortex-A15 berkecepatan 1,9GHz dan quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,3GHz yang didukung memori RAM sebesar 2GB, serta didukung oleh grafis dari Mali T628 MP6, seperti yang dilansir dari Phone Arena (24/11/2014).

Leave a Reply