Mobil Suzuki Diberi Bensin Premium? Siap-Siap Saja Garansi Hilang

Kenaikan Harga BBM Bikin Miskin Hanya Mitos, Klaim Faisal Basri

Pengguna produk mobil Suzuki diharapkan selalu mengisi bahan bakar dengan tipe BBM nonsubsidi seperti pertamax atau pertamax plus. Pasalnya, kalau ketahuan memakai bensin premium, pihak Suzuki Indonesia akan membatalkan garansi yang diberikan untuk mobil tersebut. Hal ini sangat disayangkan kalau sampai dilanggar oleh pemilik kendaraan yang ngeyel memakai premium.

“Kami selalu menyarankan semua pengguna mobil Suzuki untuk menggunakan BBM non subsidi, karena bila tidak, warranty akan void,”ujar Davy J Tuilan, direktur 4W Sales, Marketing & DND PT SIS, seperti dikutip Detik Oto.

Penerapan penghapusan garansi untuk pemakaian bensin premium ini sangat kuat alasannya. Produk yang dikeluarkan Suzuki Indonesia telah mematuhi regulasi homologasi pemerintah. Sehingga penerapan standar minimal euro 2 harus diikutkan dalam pembuatan spesifikasi mobil. Dalam standar homologasi, setiap mobil diproduksi dengan spesifikasi tinggi dan perlu konsumsi bahan bakar dengan oktan tinggi. Penggunaan BBM premium justru dengan cepat akan merusak mesin mobil.

Suzuki Indonesia sangat tegas untuk menerapkan aturan ini. Setiap mobil Suzuki yang ketahuan menggunakan BBM beroktan rendah alias bersubsidi dipastikan garansinya hangus sekalipun masa kadaluarsanya masih lama.

“Mobil Suzuki yang jelas kita mengikuti pemerintah di holomogasi,” kata Davy.

Leave a Reply