K5, Inilah Robot Pengganti Satpam di Kampus Microsoft

Robot Satpam

Kampus Microsoft yang terletak di California, Amerika Serikat tidak memiliki satpam. Namun ini bukan berarti jika kampus tersebut tidak aman. Sekuriti yang bertugas adalah K5. Badanya tidak gempal atau kekar laiknya petugas keamanan sebab K5 adalah seorang robot. Ya, satpam kampus Microsoft diganti robot!

Microsoft mencoba meningkatkan keamanan kampus dengan memanfaatkan teknologi. Robot digunakan untuk berpatroli di lingkungan kampus tersebut. K5 adalah robot hasil rakitan perusahaan pengembang robot Knightscope.

Miliki tinggi 5 kaki atau sekitar 1,5 meter dengan bobot 136 kilogram, K5 di kampus Microsoft tersebar sebanyak lima unit dan bentuknya menyerupai segitiga namun ujung atasnya membulat. Permukaannya miliki warna putih lengkap dengan lampu yang bekerja sebagai sirine, alarm, serta kamera untuk memantau area sekitar.

Namun K5 tidak bekerja sendiri dalam menjaga keamanan. Robot ini hanya sebatas berpatroli dan bisa memindai sebuah masalah maka secara otomatis akan membunyikan alarm atau mengirim penjaga keamanan langsung ke TKP.

Untuk daya tahannya sendiri, K5 mampu bekerja 24 jam dan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi daya baterai. Kerennya lagi, ketika baterai K5 kritis, robot itu akan meluncur ke stasiun pengisian daya baterai secara otomatis.

Robot K5 diyakini akan dipasarkan mulai tahun 2015. Sedangkan perakit robot tersebut sedang mencoba hadirkan layanan sewa dengan tarif USD 6,25 per jam atau sekitar Rp 76 ribu. “Kompensasi per jam” ini konon lebih murah dibanding gaji seorang satpam.

Leave a Reply