Google Search Sematkan Label Khusus untuk Situs Mobile-Friendly

Google

Google melepas fitur baru berupa informasi “Mobile-Friendly” di hasil penelusuran Google Search. Singkatnya, situs ramah mobile akan disematkan label khusus tersebut. Dengan demikian pengguna bisa menikmati tampilan web yang ada tanpa kendala berarti di peramban di perangkat bergerak.

Sebelumnya, Google memang tidak berikan informasi tersebut. Pengguna yang kunjungi laman versi mobile tidak jarang yang menjumpai tampilan situs yang “berantakan”. Tampilan ini tidak pas untuk desain di perangkat mobile.

Sebut saja ukuran teks terlalu kecil atau laman perlu di-zoom, tautan yang sukar dicari, atau tampilan laman yang tidak cocok jika dinikmati di perangkat bergerak. Melalui blog-nya, Google menginformasikan jika merekan akan tambahkan label khusus “Mobile-Friendly” di hasil penelusuran. Berikut penampakannya.

Google-Mobile-Friendly

Dengan informasi ini user bisa mengetahui jika website yang akan diakses akan “baik-baik saja” jika dibuka di versi mobile. Mereka tidak perlu was-was dan bisa enjoy menikmati konten yang ada. Bagi situs yang di Google Search tidak tersemat label “Mobile-Friendly” bisa jadi ini sebuah warning. Situs tersebut miliki risiko kehilangan kunjungan dari perangkat bergerak.

Memperoleh label “Mobile-Friendly” juga tidak mudah. Google berikan kriteria yang harus dipatuhi, yakni: situs wajib hindari software yang tidak pas untuk perangkat mobile, situs menggunakan ukuran teks sesuai tanpa harus diperbesar, ukuran konten yang disesuaikan dengan layar perangkat mobile, dan syarat lainnya.

Leave a Reply