Google Perkenalkan Jelajah Web Bebas Iklan, Biaya Rp 36 Ribu Per Bulan

Google Contributor

Google belum lama ini memperkenalkan Google Contributor. Sebuah layanan jelajah web bebas iklan. Layanan ini memungkinkan netter kunjungi situs tertentu tanpa tampilan iklan sekali. Menarik sebab pemasukan utama Google dari iklan namun perusahaan raksasa itu justru mematikan iklan. Namun, Google Contributor tidak gratis. Ada biaya yang ditanggung oleh pengguna.

Bicara bebas iklan, sedianya ada satu tool yang bisa memberangus tampilkan iklan di situs web yang dikunjungi. Tool tersebut adalah AdBlock Plus, yang hadir di peramban berwujud add-ons, ekstensi, dan aplikasi di perangkat bergerak. Lantas apa bedanya dengan Google Contributor?

Layanan ini sedianya masih dalam tahan uji coba. Google Contributor menggandeng 10 publisher atau situs yang sediakan jasa langganan mulai USD 1 hingga USD 3 atau setara Rp 36 ribu. Dengan biaya langganan bulanan ini maka pengunjung tidak akan menjumpai iklan di situs yang bersangkutan. Slot iklan pun akan tergantikan dengan ucapan terima kasih.

Google Contributor ternyata juga menguntungkan publisher. Sebab, biaya langganan bulanan tidak hanya masuk kantong Google. Beberapa situs yang tergabung dalam publisher seperti layanan photosharing Imgur, situs berita Mashable, kamus Bahasa Slang Urban Dictionary, dan lainnya. Bila berminat, pengguna bisa masuk dalam daftar tunggu.

Apakah ini bisa diartikan bila pendapatan publisher tergabung akan turun? Google tidak menjelaskan mekanisme “bagi hasil”. Namun, jumlah yang diberikan ke publisher sama dengan rate slot iklan di situs mereka sehingga pemasukan tidak terpengaruh.

Leave a Reply