Geopbyte, Istilah Kapasitas Data Tertinggi Saat Ini

Geopbyte

Mendengar istilah terabytes (terabita) untuk kapasitas ruang penyimpanan, tentu sudah sangat cukup lapang. Bagaimana bila ruang memori nantinya lebih luas dibanding yang tersedia saat ini? Oracle tidak memungkiri akan hal itu. Bahkan, mereka telah miliki istilah untuk kapasitas paling tinggi, geopbyte.

Oracle sendiri baru mampu membuat produk penyimpanan data dengan lingkup paling kecil mencakup 7,2 terabita sedangkan paling maksimun dua petabytes (petabita) atau setara 1.000 terabita. Demikian ujar Leong Kam Hong, Direktur Produk untuk Solusi Penyimpanan dalam Lini Bisnis Systems di Oracle Corporation.

Saat ini, istilah memori data tertinggi baru mencapai yottabytes (yottabita). Namun menurut Hong, ada istilah baru yang muncul seiring kebutuhan pengguna untuk memenuhi penyimpanan data.

“Di atas yottabytes itu ada brontobyte, kemudian ada lagi geopbyte,” ujarnya.

Menurut laman Wikipedia, istilah kapasitas penyimpanan data hingga hari ini memang mentok di yottabita. Jika dirunut maka secara urut yakni: kilobita (KB), megabita (MB), gigabita (GB), terabita (TB), petabita (PB), eksabita (EB), zettabita (ZB), dan yottabita (YB).

Ruang penyimpanan terabita sering dijumpai di perangkat hardisk eksternal maupun internal. Satu terabita sendiri setara dengan 1.000 gigabita. Tidak bisa dibayangkan berapa kapasitas ruang peyimpanan di istilah geopbyte menurut Oracle.

Dalam pada itu, Oracle memperkirakan jika di tahun 2020 akan terjadi lonjakan penyimpanan hingga 50 kali lipat dibanding pada saat ini.

“Di 2020 penyimpanan data secara global akan menampung sekitar 40 zettabytes atau sama dengan 40 juta terabytes,” ujar Hong.

Leave a Reply