Foto Selfie di Kokpit Pesawat, Pilot Ini Terancam Tak Bisa Terbang Lagi

Pilot Selfie

Sahil Arora tampak sumringah di satu foto di kokpit pesawat. Ia tersenyum berpose Selfie menghadap kamera bersama aktor dan rapper. Diunggah ke Facebook, foto itu tersebar viral. Sang pilot mungkin tidak menyadari jika aksinya melanggar regulasi. Ia terancam tidak bisa terbang lagi akibat foto Selfie.

Jet Airways, maskapai penerbangan Arora ‘menghamba’, kini sedang lakukan investigasi. Di satu regulasi, kokpit pesawat adalah lokasi ‘haram’ bagi mereka yang tidak miliki otoritas. Hanya personel berwenang boleh memasukinya.

Arora bergeming jika ia melanggar pedoman pilot lewat aksi foto Selfie-nya itu. Dalam satu foto terlihat dirinya di Facebook, ia juga lakukan Selfie di dalam pesawat meski tidak di kokpit. Ia beralasan jika foto-foto yang ada diambil sebelum pesawat lepas landas atau terbang.

Jet Airways sendiri adalah sebuah maskapai penerbangan besar di India yang berbasis di Kota Mumbai. Satu pedoman yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Udara (FGCA) negara setempat jelas menyebut jika hanya orang-orang tertentu yang diperkenankan masuk ke ‘area terlarang’ kokpit.

Di sejumlah foto Selfie Arora yang dibidik di dalam pesawat, tampak bintang tenar Shah Rukh Khan dan rapper Honey Singh. Satu pejabat FGCA mengatakan jika ini adalah isu serius yang mengkompromikan panduan keselamatan. Pilot dipandang tidak bertanggungjawab dengan perilakunya yang berisiko.

“Kami layangkan pemberitahuan kepada Jet Airways dan jika ditemukan bahwa telah terjadi pelanggaran aturan keamanan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat membatalkan lisensi pilot,” kata satu pejabat FGCA.

Leave a Reply