Inilah 4 Contoh Penerapan loT untuk Industri

Di era seperti sekarang ini teknologi memiliki peran yang sangat besar di dalam perkembangan dunia bisnis. Mereka yang masih menggunakan cara tradisional sudah pasti akan kalah dibandingkan dengan yang berbasis teknologi, mulai dari produksinya akan berlangsung secara lebih cepat dan juga mudah. Meskipun mungkin dari segi modal awal yang harus dikeluarkan juga besar. Namun setidaknya hasil atau produktivitasnya juga meningkat jauh dibandingkan dengan produksi secara manual.

Aplikasi IoT

Istilah internet untuk segala-galanya atau yang dikenal sebagai loT mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda. Karena sekarang ini ada banyak sekali diantara Industri yang memang memanfaatkan internet untuk menunjang bisnis mereka. apalagi memang hampir semua hal sekarang ini dapat dilakukan dengan mengandalkan peran internet. Ia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern. Tak terkecuali diantaranya beberapa perusahaan yang sekarang ini juga menawarkan layanan berbasis loT ini, diantaranya adalah dari Telkomsel.

Meskipun masih baru sekali diluncurkan, namun kenyataannya sudah banyak perusahaan yang bekerjasama dengan Telkomsel untuk penerapan loT ini dalam industri mereka. Bahkan di beberapa negara sendiri sebenarnya loT ini sudah mulai dimanfaatkan sejak lama. Namun di Indonesia baru beberapa tahun terakhir beberapa provider seluler mulai menggunakannya dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar, seperti diantaranya adalah taksi maupun juga yang lainnya.

Diantaranya ada banyak sekali aplikasi loT untuk bisnis yang sudah pernah dimanfaatkan di dalam industri, yaitu:

1. Ikan dan juga pemasangan yang terhubung, sudah banyak diantara billboard yang sekarang telah terkoneksikan dengan loT. Bahkan mungkin di kota-kota besar kedepannya semua billboard akan terhubung dengan loT ini sehingga lebih mudah untuk diatur.

2. Sistem pengolahan sampah, tingkat daur ulang sampah akan mengalami peningkatan dengan adanya loT, hal ini sudah terbukti di beberapa negara. Bahkan mereka mengandalkan peran loT tersebut di dalam mesin untuk mendaur ulang sampah. Hasilnya sendiri cukup efektif karena memang ada cukup banyak diantara sampah yang dapat di daur ulang.

3. Jaringan listrik pintar, bahkan juga banyak diantara jaringan listrik pintar dimana penyesuaian tarifnya telah di setting dan terhubung dengan loT, sehingga lebih mudah untuk dipantau. Bahkan hal ini juga berkontribusi besar di dalam penghematan pemakaian listrik.

4. Pabrik dan juga gudang, di dalam industri yang paling banyak adalah untuk pabrik dan gudang, loT ini dijadikan sebagai sarana untuk memantau dan juga keamanan. Internet nantinya akan dikelola dengan rakitan dan sarana penunjang yang lainnya.

Tidak menutup kemungkinan jika seandainya dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan, hampir semua industri mulai beralih menggunakan loT ini. Meskipun cukup besar biaya yang harus dikeluarkan untuk beralih kesini. Namun setidaknya sesuai dengan hasil yang diterima.

Inilah 4 Contoh Penerapan loT untuk Industri | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply