Home » Umum » Bill Gates Minum Air dari Konversi Kotoran Manusia, Ini Reaksinya

Bill Gates Minum Air dari Konversi Kotoran Manusia, Ini Reaksinya

Bill Gates

Bill Gates meminum segelas air putih tanpa ragu. Pria terkaya di muka Bumi ini langsung menegaknya sampai habis. Tahukah Anda jika air di gelas tersebut adalah hasil olahan (konversi) kotoran manusia, lantas bagaimana tanggapan Gates?

Pendiri Microsoft tersebut lakukan hal itu bukannya tanpa alasan. Gates sedang lakukan uji coba mesin terbaru yang mampu mengubah kotoran manusia menjadi air bersih. Mensin konversi tersebut bernama OmniProcessor.

Mesin yang seukuran rumah ini dikembangkan oleh Bill and Melinda Gates Foundation yang bekerjasama dengan perusahaan Janicki Bioenergy. Melalu blog pribadinya, ia mengisahkan bagaimana cara kerja mesin yang diklaim berbiaya rendah itu.

OmniProcessor menggunakan mesin uap cerdas yang menghasilkan energi untuk membakar dan menyaring kotoran manusia. Mesin ini pun bekerja atau menggerakkan mesinnya sendiri sehingga hemat listrik. OmniProcessor diklaim bisa mengkonversi 14 ton kotoran manusia yang kemudian diubah menjadi air siap minum.

“Jika kita bisa mengembangkan mesin ini untuk ‘menyingkirkan’ kotoran manusia khususnya menggunakan cara yang efisien, kita pasti bisa mencegah kematian dan memperbaiki kesehatan,” tulis pendiri Microsoft tersebut di blog miliknya.

Di negara dunia ketiga masalah kotoran manusia masih jadi isu kesehatan. Penggunaan jamban yang tidak benar dan mengkontaminasi air minum jadi satu alasan utama mengapa OmniProcessor hadir dengan solusi konversi kotoran 100 ribu orang jadi 86 ribu liter air per hari.

Berikut ekspresi Gates tatkala mencoba air minum hasil konversi mesin OmniProcessor: