Home » Olahraga » Awal Karir Alex Marquez Hingga Tergabung dengan Gresini Racing Ducati

Awal Karir Alex Marquez Hingga Tergabung dengan Gresini Racing Ducati

alex marquez

SilangHati.com – Siapa yang tak kenal nama Alex Marquez, bagi penggemar balap MotoGP nama ini pasti sudah tak asing lagi. Selain menjadi pembalap yang mewakili Honda di MotoGP, Alex juga merupakan adik dari pembalap populer Marc Marquez yang juga sering menjadi juara MotoGP. Nama Alex Marquez kini sedang menjadi sorotan sejak memilih hengkang dari LCR Honda Castrol pada tahun 2023 mendatang untuk bergabung dengan team Gresini (Ducati). Selama awal karier hingga terakhir memperkuat team LCR Honda Castrol, Alex Marquez telah menorehkan sejumlah prestasi yang gemilang dan mampu masuk ke jajaran pembalap MotoGP.

Pembalap kelahiran 23 April 1996 ini merupakan pria berkebangsaan Spanyol. Mengawali karier di usia 13 tahun pada kejuaraan CEV Buckler 125cc championship. Di tahun berikutnya Alex berhasil menjadi juara kedua di kejuaraan yang sama dimana pada posisi pertama ditempati oleh Alex Rins yang tahun 2023 nanti menggantikan dirinya sebagai pembalap LCR Honda. Dengan hasil tersebut dia berhasil masuk kualifikasi untuk mengikuti Moto3 World Championship tahun 2012. Berikut ini adalah berbagai kejuaraan yang diikuti oleh Alex Marquez dan prestasi yang sudah ditorehkannya:

  1. Moto3 World Championship.
    Memulai kejuaraan dunia sebagai wildcard di tahun 2012 Grand Prix Spanyol, Estoril dan Catalunya. Di akhir musim ia berhasil duduk di peringkat kedua puluh. Tahun 2013 hingga tahun 2014 merupakan tahun keemasan bagi Alex di Moto3 World Championship karena ia berhasil menjadi juara di Japanese Grand Prix dan mengakhiri musim dengan duduk di posisi keempat Final Championship Standing.
  2. Moto2 World Championship.
    Marquez mengawali karier di Moto2 pada tahun 2015 bersama dengan Estrella Galicia 0,0 Marc VDS team dan finish di urutan ke-14. Tahu 2017 ia memenangkan Moto2 di Spanyol Grand Prix dan mengakhiri musim di urutan keempat. Prestasi ini kembali diulang di tahun 2019 dimana ia menjuarai Moto2 untuk kedua kalinya. Di tahun yang sama saudaranya Marc Marquez juga menjuarai MotoGp. Kedua saudara ini menjadi pembalap bersaudara pertama yang memenangkan kejuaraan dunia di tahun yang sama.
  3. MotoGP World Championship.
    Memulai karier bersama Honda dan bergabung dengan sang kakak di Repsol Honda Team menggantikan Jorge Lorenzo. Namun posisi ini tidak berlangsung lama karena di tahun yang sama, Alex bergabung dengan team LCR Honda dan posisi lamanya digantikan oleh Pol ESpargaro hingga saat ini. Bersama LCR Honda Alex sudah bertanding selama 2 musim dengan posisi akhir berada di urutan ke 16 dan 18.

Pertengahan tahun ini Alex Marquez sudah dipastikan akan mewakili Gresini Racing dan meninggalkan LCR Honda. Selain Alex, Gresini juga merekruit Fabio di Giannantonio untuk menjadi partner Marquez. Moment ini menjadi peluang bagi Alex Rins untuk bergabung dengan team LCR Honda setelah mengundurkan diri dari Suzuki yang kabarnya sedang mengalami masalah ekonomi.

Selama dua musim di LCR Honda bisa dikatakan bukanlah musim yang menyenangkan bagi Alex Marquez. Bahkan banyak yang mengatakan prestasinya anjlok jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hingga saat ini ia belum mampu menduduki peringkat 10 besar klasemen dan masih berada di posisi ke 20. Mungkin inilah yang membuat Honda harus rela melepaskan Alex Marquez dan memilih Alex Rins. Namun masalah juga bukan datang dari pihak Marquez saja karena beberapa pembalap Honda termasuk Alex juga mengeluhkan masalah performa motor. Entah mana yang benar, kita doakan saja Alez Marquez lebih sukses lagi bersama dengan Gresini Racing mulai musim depan.

Sumber Artikel : https://www.lazone.id/entertainment/sport/13-fakta-alex-marquezpembalap-gresini-racing-di-motogp-2023-82sNU