Anindito Respati, Inilah Sosok yang Mempopulerkan Tongsis di Indonesia

Tongsis

Siapakah sosok “penemu” tongsis? Jika Anda selama ini bertanya-tanya siapa yang mempopulerkan tongsis alias “tongkat narsis” di Indonesia, adalah Anindito Respati, pegiat fotografi yang mengenalkan istilah itu pada tahun 2013 lalu.

Bahkan, Anindito sudah mematenkan nama “tongsis” sebagai merek dagang. Meski berbeda nama, tongsis dan selfie stick miliki fungsi yang sama. Bagaimana pendapat “penemu” tongsis atas ditasbihkannya tongkat narsis itu dalam satu dari 25 penemuan terbaik tahun ini?

“Saya enggak tahu kalo TIME mengeluarkan berita tersebut, baru tahu setelah ada yang mention di Twitter,” akunya pada CNN Indonesia.

Anindito mengaku ikut senang dengan “prestasi” tongsis. Ia berujar jika mulanya menduga tongsis adalah gabungan barang yang sudah ada di pasaran sebelumnya. Sehingga, ia hanya mematenkan brand tongsis pada bulan September 2013.

Dipatenkan di kategori aksesoris ponsel dan online shop, tidak ada izin penjualan bentuk serupa dengan nama tongsis. Anindito sendiri sudah miliki rencana untuk mendaftarkan paten desain tongsis.

Menurut TIME, selfie stick telah membantu banyak pengguna ponsel dalam mengakomodir penggunaan ponsel kamera yang dalam dua tahun terakhir ini begitu digandrungi. Satu analis Gartner berujar jika selfie stick pantas masuk dalam jajaran inovasi di tahun 2014.

Tongsis sendiri begitu menjamur di toko aksesoris ponsel dan cukup ramai di toko-toko online. Harganya pun beragam mulai Rp 20 ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Tongsis biasanya disertai dengan Bluetooth sebagai remote kamera. Tongsis ber-Bluetooth miliki banderol lebih mahal dibanding berupa stik semata.

Leave a Reply