AMD Zen Janjikan Performa Tinggi, Siap Saingi Intel Skylake

Logo AMD

Advanced Micro Device atau AMD dikabarkan tengah menyiapkan prosesor Zen yang diklaim menawarkan performa yang tinggi dan siap bersaing dengan Intel Skylake. Informasi mengenai prosesor AMD Zen ini bersumber dari Wccftech. Situs tersebut juga mengungkapkan bahwa prosesor dengan arsitektur Zen ini akan diperkenalkan pada tahun 2016 mendatang.

Hal ini sebenarnya senada dengan informasi yang diungkapkan oleh salah seorang petinggi AMD yang menyebutkan bahwa prosesor Zen akan hadir terlebih dahulu untuk segmen server dan dilanjutkan ke segmen workstation. Bagaimana dengan pasar konsumen? AMD dikabarkan akan mengembangkan APU (Accelerated Processing Unit) berbasis Zen untuk pasar konsumen.

Berdasarkan informasi yang telah beredar sebelumnya, prosesor AMD Zen yang akan diproduksi oleh GlobalFoundries dengan teknologi 14nm FinFET. Penerapan teknologi ini bisa dikatakan agak terlambat mengingat Intel telah menggunakan teknologi ini pada prosesor Broadwell.

Arsitektur AMD Zen ini telah meninggalkan konsep modular atau CMT (Clustered Multi Thread) yang digunakan sejak prosesor generasi Bulldozer dan beralih ke konsep SMT (Simultaneous Multi Thread), serupa dengan Intel HyperThreading.

AMD mulai juga berbenah dalam hal konsumsi daya melalui seri Zen ini dengan TDP (Thermal Design Power) maksimal 95W untuk varian tertinggi yang membidik segmen antusias. Sedangkan varian AMD Zen yang lebih rendah akan mengusung TDP yang lebih rendah pula, seperti yang dilansir dari VR-Zone (21/02/2015).

Prosesor AMD Zen pertama akan menggunakan nama sandi Summit Ridge yang mengusung 8 core dan menjadi varian tertinggi dari keluarga prosesor baru tersebut. Prosesor AMD Zen ini kabarnya telah terintegrasi memory controller DDR4 dan PCI Express 3.0. Tak jelas apakah AMD Zen ini akan mendukung memori DDR3 atau tidak.

Leave a Reply