AMD Gandeng Samsung, Perkenalkan Monitor Berteknologi FreeSync

Samsung UD590Samsung UD590

Belum lama ini Advanced Micro Device (AMD) menggandeng Samsung untuk meluncurkan monitor yang dilengkapi dengan teknologi FreeSync. Seperti yang kita ketahui, FreeSync adalah teknologi yang dikembangkan oleh AMD untuk bersaing dengan teknologi G-Sync dari Nvidia yang disematkan pada beberapa monitor gaming masa kini.

Dua produk monitor Samsung yang telah mendukung standar teknologi FreeSync adalah seri UD590 yang berukuran 28 inci dan 23,6 inci, serta UE850 yang berukuran 23,6 dan 27 inci. Saat ini ada satu varian monitor yang telah tesedia di pasar, yakni Samsung UE590 dengan ukuran 28 inci.

Lalu apa sebenarnya teknologi AMD FreeSync ini? Teknologi AMD FreeSync ini nerupakan standar monitor yang membawa refresh rate dinamis sesuai dengan kebutuhan dan bersaing langsung dengan Nvidia G-Sync. AMD FreeSync ini menggunakan protokol opsional dari DisplayPort 1.2a dengan standar terbuka yang disebut dengan Adaptive-Sync, sehingga bebas bagi siapa saja yang akan mengimplementasikan.

Fungsi utama yang ditawarkan oleh teknologi AMD FreeSync ini serupa dengan Nvidia G-Sync, yakni menghilangkan efek tearing saat bermain game dan mengurangi shuttering. FreeSync akan menciptakan pengalaman bermain yang lebih halus dengan dukungan refresh rate maksimum dari sebuah monitor.

“Kami sangat senang untuk mengadopsi teknologi AMD FreeSync ke produk Samsung Divisi Electronics Visual Display UHD di tahun 2015 mendatang, yang sepenuhnya mendukung standar terbuka. Dengan teknologi ini, kami percaya pengguna termasuk gamer akan dapat menikmati video dan permainan mereka untuk dimainkan dengan tampilan bingkai halus tanpa shuttering atau tearing pada monitor mereka,” kata Joe Chan, Wakil Presiden Samsung Electronics Asia Tenggara Headquarters.

Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (20/11/2014), monitor Samsung dengan teknologi AMD FreeSync akan mulai tersedia Maret 2015 mendatang.

Leave a Reply