4 Aksesori Motor Ini Membahayakan di Musim Hujan

4 Aksesori Motor Ini Membahayakan di Musim Hujan

Home

»

Lifestyle

»

Otomotif

motor jatuh

Tidak setiap aksesori motor itu aman sekalipun mampu menunjang penampilan. Pada waktu musim hujan seperti sekarang, sebagian aksesori justru dapat memicu terjadinya masalah saat berkendara sewaktu hujan datang. Paling parah, aksesori tersebut dapat memicu kecelakaan.

Dikutip dari Kompas Otomotif, segera ganti aksesori motor berikut dengan model standar agar Anda menjadi lebih aman dan nyaman kala berkendaraan dalam situasi kehujanan:

  1. Ban ceking. Ban dengan ukuran lebih kurus mungkin akan menunjang penampilan motor. Tapi ingat, saat hujan tiba maka gaya gesek ban dengan aspal cukup kecil. Motor sangat berisiko terpelesat akibat daya tekan ke permuakaan jalan kurang maksimal. Melewati lubang kecil saja sudah mampu membuat motor jatuh.
  2. Handle grip atau pijakan kaki dari logam. Tempat pijakan kaki dan handle grip yang terbuat dari logam membahayakan saat hujan. Permukaannya menjadi licin dan berpeluang meleset saat melakukan pengereman. Upayakan di musim hujan ini memakai handle grip dan pijakan kaki dari bahan karet yang kesat.
  3. Lampu putih. Lampu depan yang diganti dengan warna putih – biasanya jenis HID – tidak maksimal memberikan penerangan untuk kendaraan di depan kala hujan lebat. Justru lampu kuning lebih gampang diidentifikasi pemakai jalan di depan motor sehingga menghindari tabrakan.
  4. CVT Modifikasi. Kadang bokz CVT diganti dengan model yang banyak lubang. Komponen di dalam CVT mesti dilindungi dari air. Adanya lubang boks CVT dapat meninggalkan kotoran mengendap di dalamnya.

Foto: Tempo.co

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Leave a Reply