Yahoo! Tutup Yahoo! Directory Akhir Tahun Ini

Yahoo!

Yahoo! Directory akan dipensiunkan Yahoo! pada akhir tahun ini. Patut diketahui bila Yahoo! Directory adalah produk pertama yang kemudian jadi cikal bakal Yahoo! saat ini. Mengapa Yahoo! Directory ditutup?

Yahoo! lakukan itu guna merampingkan produknya. Dalam dua tahun terakhir Yahoo! telah menutup sekitar 60 layanan mereka. Jika bicara soal Yahoo! Directory maka kembali ke tahun 1994. Pada tahun itu, Jerry Wang dan David Filo, dua lulusan Universitas Stanford membesut direktori untuk seluruh situs di internet.

Direktori tersebut kemudian diberi nama ‘Jerry and David’s Guide to the World Wide Web’ yang dalam tiga bulan kemudian diubah jadi ‘Yahoo!’ yang merupakan akronim dari ‘Yet Another Hierarchical Officious Oracle.’

Fungsi direktori kala itu untuk mendaftarkan dan mengelompokkan situs yang ada di internet ke kategori tertentu. Misalkan saja musik, film, televisi akan digabungkan dalam kelompok Entertainment.

Yahoo! Directory

Layanan direktori pada waktu itu cukup populer sebagai cara untuk menemukan laman di internet. Mesin penelusuran sedianya telah ada namun tidak spesifik mengelompokkan ke situs tertentu sesuai kategori dan hanya sekadar mencari dari kata kunci yang diinput.

Pada tahun 1997 Google lahir dan jumlah situs internet meledak. Yahoo! Directory pun mulai tidak relevan dan tenggelam. Layanan tersebut resmi ditutup per tanggal 31 Desember 2014 atau tepat di penghujung tahun ini.

Advertisements
Yahoo! Tutup Yahoo! Directory Akhir Tahun Ini | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better