XL Hackathon, Ajang Berbagi Ilmu Bagi Developer Lokal

Smartphone

Guna mendorong kualitas aplikasi lokal Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar semacam workshop yang dinamai Hackathon pada Senin kemarin 13 Oktober 2014. Gelaran tersebut diikuti kurang lebih 40 pengembang lokal.

Sejumlah developer yang mengikuti acara tersebut antara lain OLX, detik.com, Pixmic, Guvera, Kapanlagi.com, Kaskus, Elevenia, Tokopedia.com, Bank Mandiri dan sebagainya. Gelaran ini ternyata jadi satu dalam rangkaian kerjasama antara XL dengan Facebook dan Ericsson.

Ongki Kurniawan mengatakan, tujuan Hackaton untuk mendorong dan meningkatkan kompetensi para developer lokal dan sebagai wadah bagi mereka untuk meningkatkkan keahlian dan pengetahuan.

Ditambahkan Direktur Service Manajemen XL itu, dengan Hackaton developer lokal diharapkan mampu menciptakan aplikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan karakteristik serta desain teknologi selular yang tersedia.

Pengembang aplikasi lokal juga mendapat benefit bagaimana efektivitas desain aplikasi mereka pada radio states baik signaling maupun payload. Mereka juga mendapatkan pengetahuan untuk mengukur sejauh mana dampaknya terhadap pengalaman pengguna baik dalam cakupan aplikasi, sejauh mana dari BTS aplikasi bisa dipakai, kuota data yang dihabiskan, serta pemakaian baterai.

“Beberapa di antara mereka bahkan tidak pernah menyadari bahwa aplikasi mereka memerlukan perubahan desain agar lebih mudah diaplikasikan,” imbuh Ongki.

Developer selama ini, menurut Onki, belum pernah lakukan pengetesan dalam jaringan seluler saat mendesain aplikasi melainkan hanya WiFi. Sedangkan seleruh pengetasan aplikasi pengembang lokal dilakukan via jaringan XL Node B dan RNC.

Advertisements
XL Hackathon, Ajang Berbagi Ilmu Bagi Developer Lokal | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better