Wow! FB Kantongi Pendapatan Rp 4,9 Juta Tiap Detik

Facebook

Pada laporan keuangan di kuartal ketiga tahun ini, Facebook bukukan pendapatan USD 3,2 miliar atau mendekati angka Rp 40 triliun. Dari Juli hingga September 2014, jika kemudian dihitung hingga per detik, FB kantongi pendapatan USD 407 per detiknya atau sekitar Rp 4,9 juta. Wow bukan?

Menurut laman Kotaku, pada Rabu (29/10) malam waktu AS, Facebook sempat down sekitar 30 menit. Jika dikalkulasi dengan nilai pemasukan mereka, FB kehilangan potensi pendapatan sebesar USD 845.700 atau setara Rp 10 miliar.

Dari mana datangnya angka-angka tersebut? Seperti ditulis sebelumnya, ini adalah kalkulasi hitung dan bagi dari laporan keuangan FB hingga kuartal ketiga tahun ini. Sedangkan dari mana datangnya pemasukan itu, tentu saja iklan jawabnya.

Ada banyak jenis iklan di Facebook. Iklan per tayang, iklan per klik, iklan video, dan masih banyak lagi. Logikanya, jika situs down maka iklan tidak tayang. Imbasnya, iklan itu tidak bisa menerima respon user, baik itu klik, lihat iklan, tonton video, dan lainnya. FB pun tidak bisa terima kompensasi alias pemasukan dari iklan.

Iklan adalah satu monetisasi Facebook utama yang jadi amunisi mereka untuk mengeruk keuntungan. Karena FB tidak miliki produk ‘lain’ selain user, maka pengguna ‘dijual’ ke pengiklan. Data dan informasi mereka diolah untuk dikonversi menjadi iklan yang relevan. Itulah mengapa FB kerap diserang atas delik aduan privasi.

Advertisements
Wow! FB Kantongi Pendapatan Rp 4,9 Juta Tiap Detik | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better