Windows 95 Bisa Dijalankan di Smartwatch Samsung Gear Live

Windows 95

Sistem operasi tua Windows 95 ternyata dapat dijalankan di perangkat smartwatch Samsung Gear Live. Beberapa waktu lalu telah beredar video dan foto yang menampilkan jam tangan pintar besutan Samsung tersebut tengah menjalankan sistem operasi Windows 95 yang tak lain adalah sistem operasi Windows lawas yang kini sudah tidak dipakai lagi.

Bagaimana bisa sistem operasi desktop Windows 95 yang kompatibel dengan platform x86 dapat dijalankan di smartwatch Android Wear besutan Samsung yang notabene menggunakan prosesor ARM? Semua itu memungkinkan berkat kehadiran aplikasi yang disebut dengan aDosBox yang tak lain adalah aplikasi Android yang berfungsi sebagai emulator.

Windows 95 sendiri adalah sistem operasi desktop, lalu bagaimana sistem operasi ini dapat digunakan di Samsung Gear live? Resolusi dan ukuran layar Samsung Gear Live yang sangat kecil membuat tampilan Windows 95 agak kacau. Windows 95 berjalan dengan lambat dan tidak lancar. Waktu booting Windows 95 cukup lama dan menampilkan beberapa pesan peringatan dan kadang-kadang mengalami hang.

Samsung Gear Live sendiri mengusung layar sentuh berukuran 1,63 inci dengan resolusi 320 x 320 piksel yang menggunakan teknologi Super AMOLED. Gear Live mengusung dimensi 37,9 x 56,4 x 8,9 mm dengan berat 59 gram. Samsung membekali Gear Live dengan memori internal sebesar 4GB dan didukung oleh sistem operasi Android Wear.

Sektor dapur pacu, Samsung Gear Live ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 305.

Samsung Gear Live ini dilengkapi kemampuan tahan air dan debu dengan sertikat IP67, serta dilengkapi sensor giroskop dan accelerometer. Smartwatch Gear Live ini disokong baterai berkapasitas 300mAh. Seperti yang dilansir dari Phone Arena (05/10/2014), Anda dapat menyaksikan video berikut ini bila penasaran dengan Windows 95 di Gear Live.

Advertisements
Windows 95 Bisa Dijalankan di Smartwatch Samsung Gear Live | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better