Windows 10 Tingkatkan Kemampuan Media Player, Dukung File MKV

Windows Media PlayerWindows Media Player

Sistem operasi Windows 10 Technical Preview Build 9860 telah hadir dengan peningkatan kemampuan aplikasi Windows Media Player dan telah mendukung file MKV. Seperti yang kita ketahui, file dengan ekstensi MKV atau Matroska ini memang secara default tidak didukung oleh sistem operasi Windows versi sebelumnya.

Informasi mengenai Windows 10 yang telah mendukung file video dengan format MKV ini bersumber dari Gabriel Aul, dari Microsoft. Gabriel juga mengatakan bahwa saat ini perusahaan sedang memperbaiki semua potensi bug sebelum dirilis resmi tahun depan. Tak hanya itu, Windows 10 juga telah mendukung HEVC playback untuk memainkan file MKV.

HEVC sendiri adalah High Efficiency Video Coding yang merupakan standar kompresi video yang menggabungkan kompresi file yang sangat baik dengan kualitas gambar yang tinggi. Ini berarti kita dapat menyaksikan video berkualitas tinggi tetapi mengonsumsi lebih sedikit ruang di hard disk.

Meski telah disebutkan bahwa Windows 10 mendukung file video MKV, tetapi hal tersebut belum benar-benar stabil. Beberapa tester mengatakan bahwa Windows 10 masih menampilkan pesan error saat memainkan file MKV. Masalah ini kabarnya telah mendapat perhatian dari pengembang Windows 10 dan saat ini sedang dalam proses perbaikan.

Gabriel Aul juga menambahkan bahwa Windows Media Player adalah salah satu fitur kunci dari Windows 10 yang mengalami perombakan dan peningkatan kemampuan secara signifikan. Tak hanya itu, tampilan antarmuka Windows Media Player di Windows 10 juga mengalami perubahan.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (03/11/2014), Windows Media Player di Windows 10 telah mendukung lebih banyak format multimedia dan diklaim akan mampu bersaing dengan aplikasi sejenis seperti VLC Player, GOM Player, dan sebagainya.

Advertisements
Windows 10 Tingkatkan Kemampuan Media Player, Dukung File MKV | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better