Windows 10 akan Hadir dengan Dukungan DirectX 12

Unreal Engine 4.4Unreal Engine 4.4

Sistem operasi Windows 10 dipastikan akan hadir dengan standar DirectX 12 yang akan membawa peningkatan kualitas grafis pada game-game di masa depan yang mendukung standar tersebut. Informasi mengenai kehadiran DirectX 12 pada Windows 10 diungkapkan secara langsung oleh Bryan Langley dari Microsoft melalui posting blog-nya.

Seperti yang kita ketahui, sistem operasi Windows 10 versi Technical Preview hadir tanpa dukungan DirectX 12. Melalui posting blognya, Bryan Langley, mengatakan bahwa Microsoft telah menggandeng Epic untuk mengembangkan standar DirectX 12 di repository GitHub Unreal Engine 4. Beberapa pengembang game memang telah mendapatkan akses awal DirectX 12 ini dan memulai mengembangkan game dengan standar tersebut.

Sebuah screenshot telah beredar di internet (gambar di atas) menggunakan Unreal Engine 4.4 Landscape Demo besutan Epic yang berjalan di sebuah sistem menggunakan pengolah grafis dari Intel Haswell. Satu hal yang menarik dari DirectX 12 ini adalah pengembang dapat lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat keras dan mengurangi overhead untuk meningkatkan kinerjanya.

Apa yang menjadi fitur unggulan dari Microsoft DirectX 12 yang disuntikkan pada sistem operasi Windows 10 serupa dengan apa yang ditawarkan oleh AMD melalui Mantle API (Applications Programming Interface). AMD sendiri menghadirkan Mantle API ini untuk meningkatkan kinerjanya pada game dengan DirectX 11, seperti yang dilansir dari Toms Hardware (03/10/2014).

Tak semua pengolah grafis yang ada di pasar saat ini telah mendukung standar DirectX 12. Namun ada kabar baik bahwa Nvidia dan AMD menyatakan kartu grafis masa kini akan mendapat dukungan DirectX 12 ini. Kartu grafis Nvidia generasi Fermi, Kepler, dan Maxwell akan mendapatkan dukungan DirectX 12. Sedangkan AMD yang mendapat dukungan DirectX 12 adalah seri GCN.

Advertisements
Windows 10 akan Hadir dengan Dukungan DirectX 12 | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better