William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, Beberkan Alasan Terima Dana Investasi 1,2 Triliun

William Tanuwijaya

Jagat startup Indonesia pekan ini dikejutkan dengan kabar investasi USD 100 juta yang diterima Tokopedia dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital. William Tanuwijaya, CEO Tokopedia beberkan alasan menerima dana setara Rp 1,2 triliun itu.

Tokopedia, startup yang berbisnis di industri ecommerce ini didirikan pada 6 Februari 2009 (PT. Tokopedia, 17 Agustus 2009 Tokopedia.com). Ada dua orang founder di belakang Tokopedia yakni Leontinus Alpha Edison (COO) dan William Tanuwijaya (CEO).

Jika melihat informasi yang tertera di laman LinkedIn William Tanuwijaya, yang bersangkutan adalah alumni Universitas Bina Nusantara (Binus) angkatan 1999. Sebelum membesut Tokopedia, Tanuwijaya melalang buana sebagi Software Developer dan Developer Manager di sejumlah perusahaan seperti PT Boleh Net Indonesia, PT Signet Pratama, PT Sqiva Sistem, dan PT Indocom Mediatama.

Di satu tulisan di blog Tokopedia, Tanuwijaya menulis mengapa ia menerima investasi triliunan rupiah itu. Satu alasannya yakni Tokopedia membutuhkan partner jangka panjang.

“Saya selalu berkeinginan untuk membangun sebuah platform, dan saya tahu ini adalah bisnis jangka-panjang yang sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Oleh karenanya saya membutuhkan partner jangka-panjang yang dapat mengerti mengenai hal ini,” tulisnya mengapa menerima investasi dari SoftBank.

Sedangkan terkait pendanaan dari Sequoia Capital, menurut Tanuwijaya, Sequoia memiliki kemampuan unik untuk membantu perusahaan teknologi dengan membawa pengetahuan dan pengalaman dari seluruh penjuru dunia.

Ia terkesan dengan komitmen Sequoia yang siap membantu perusahaan yang mereka guyur investasi dengan pendekatan yang selalu mengedepankan kepentingan perusahaan terlebih dahulu.

“Saya ingin bekerja sama dengan team yang telah menyaksikan evolusi dari perusahaan teknologi terdepan di dunia, baik di masa indah dan masa buruknya. Saya ingin bermitra dengan institusi yang dapat menggali potensi terbaik dari para entrepreneurs,” tulis Tanuwijaya terkait investasi Sequoia.

Advertisements
William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, Beberkan Alasan Terima Dana Investasi 1,2 Triliun | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better