Wikipedia Tandingan Sedang Disiapkan Rusia

Wikipedia pindah hosting

Wikipedia alternatif atau Wikipedia tandingan sedang disiapkan oleh Rusia. Ini menarik. Di satu sisi menambah kaya sumber referensi informasi dan pengetuhuan bagi netizen, di sisi lain mungkin informasi yang disajikan bakal ada dua versi yang berbeda. Mengapa Rusia lakukan itu?

Dilaporkan TIME, Rusia sedianya gerah dengan pemberitaan Wikipedia yang kerap berseberangan dengan negara tersebut. Dalam arti, informasi yang dimuat Wikipedia sering tidak sesuai atau kontra dengan fakta yang terjadi di negara itu.

Kabar menyebut jika ‘Beruang Merah’ tersebut akan melepas Wikipedia made in Rusia. Guna memuluskan rencana ini, Perpustakaan Kepresidenan Rusia tengah mempersiapkan sebuah portal informasi digital laiknya Wikipedia.

Rusia menklaim jika Wikipedia versinya lebih berimbang dan akurat mengenai informasi terkait negara bagi warganya. Wikipedia Rusia nantinya akan sediakan akses ke lebih dari 50.000 koleksi buku, dokumen, arsip yang bermuara dari 27 daerah di negara tersebut.

“(Wikipedia versi Rusia) menampilkan negara, penduduk, keragaman negara, dan sistem nasional Rusia layaknya seperti Wikipedia dan itu akan terus diperbaharui dengan informasi terbaru,” ungkap Perpustakaan Keresidenan Rusia.

Belum diketahui pasti kapan Wikipedia versi Rusia bakal dilepas. Ini juga termasuk perihal konten yang disajikan terkait apakah pengguna miliki kuasa untuk menulis atau mengedit informasi yang disajikan seperti di Wikipedia (kontribusi).

Advertisements
Wikipedia Tandingan Sedang Disiapkan Rusia | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better