WhatsApp Terapkan Teknologi Anti-Sadap, Kini Pesan Dienkripsi

WhatsApp

Kini main WhatsApp akan lebih aman. Lewat teknologi enkripsi, pesan di WhatsApp diklaim anti-sadap. Mereka user aplikasi pesan instan di lintas perangkat dan platform tersebut kini bisa menikmati fasilitas enskripsi di tiap pesan terkirim.

Pihak WhatsApp mengatakan jika mereka tidak mampu membantu polisi jika ingin uraikan pesan terenkripsi. Sehingga, kerahasian pesan atau konten di layanan instant message itu dijamin. Prosesnya yang ruwet dan hanya ramah bagi mereka yang fasih teknologi.

Pesan enkripsi WhatsApp hanya bisa dinikmati di perangkat berbasis Android. Tidak perlu risau lagi jika pesan terancam diintip. WhatsApp terbaru di ‘robot ijo’ secara otomatis lakukan enkripsi pesan tanpa harus diaktifkan terlebih dahulu. Sayangnya, fitur ini tidak berlaku untuk pesan grup serta multimedia.

Apa yang dilakukan WhatsApp berbeda dengan jenis enkripsi di surat elektronik. Di email, enkripsi pesan melindungi user dari intaian pihak asing namun masih memungkinkan penyedia layanan, Google atau Yahoo! misalnya, menguraikannya demi kepentingan hukum atau komersial.

Contoh lain bagaimana di teknologi iMessage dari Apple yang juga memanfaatkan enkripsi pesan. Namun, data terkirim tersimpan dalam server Apple. Penegak hukum bisa meminta Apple untuk menguraikannya bila itu diperlukan.

Bekerjasama dengan Open Whisper System, WhatsApp tengah mengupayakan kemitraan dengan perusahaan teknologi urusan privasi tersebut yang dijalankan oleh Moxie Maelinspike. Yang bersangkutan adalah programmer andal asal San Francisco yang lihat meretas dan cakap untuk urusan privasi.

Advertisements
WhatsApp Terapkan Teknologi Anti-Sadap, Kini Pesan Dienkripsi | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better