Waspada! Deodoran Dapat Mengganggu Pengeluaran Racun Tubuh

parfum

Bau badan yang menyengat sebenarnya hal yang normal. Namun kadang orang menyembunyikan bau tersebut menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant. Cara kerja zat ini adalah menghambat keringat keluar dari pori-pori, sehingga tidak sampai membasahi bagian tubuh tertentu seperti ketiak. Keringat adalah media tumbuhnya bakteri pemicu bau tubuh.

Tahukah Anda? Penggunaan antiperspirant secara rutin justru tidak baik untuk kesehatan. Studi di Kanada menemukan, keringat yang tidak bisa keluar akan menimbulkan anhidrosis, yakni kerusakan otak dan organ internal. Hal ini memang jarang terjadi, namun cukup berbahaya kalau sampai kejadian.

Peneliti mengatakan, keluarnya keringat dari tubuh sebenarnya menyehatkan. Pasalnya, setiap orang punya kandungan beracun dalam tubuh yang didapat dari lingkungan tercemar. Keringat membantu pengeluaran zat seperti arsenic, cadmium, timah, hingga merkuri. Keringat membantu pengeluaran zat beracun ini dan sangat berbahaya kalau dicegah memakai antiperspirant.

“Bila keringat ditahan, maka ada risiko zat beracun yang berisiko memengaruhi kerusakan saraf dan gangguan memori,” kata peneliti seperti dikutip Liputan6 dari DailyMail.

Menuru peneliti, keringat justru banyak manfaatnya bagi tubuh termasuk membantu penyembuhan. Saat demam atau flu, keringat yang berhasil keluar dapat membantu pengeluaran racun dan mendinginkan suhu tubuh. Keringat juga menjadikan kulit menjadi segar hanya dalam hitungan jam.

“Ini mungkin mengejutkan, tapi kelenjar ini juga berperan penting dalam perbaikan luka,” kata Laure Rittie, peneliti utama.

Dalam studi juga ditemukan bahwa antiperspirant dalam deodoran ternyata malah meningkatkan jumlah bakteri pemicu bau tidak sedap. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi memakai deodoran langsung pada kulit seperti di ketiak.

Advertisements
Waspada! Deodoran Dapat Mengganggu Pengeluaran Racun Tubuh | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better