Virus Android Terbaru Berpotensi Sedot Pulsa

Android Malware

Sebuah virus Android digital terbaru atau worm bernama ‘Selfmite.b’ dilaporkan miliki potensi mengirim SMS otomatis bertautan ‘berbahaya’. Pulsa user tersedot dan SMS tersebut akan dikirimkan ke kontak pemilik telepon.

Worm tersebut adalah penerus virus sebelumnya yang dikenal bernama ‘Selfmite.a’. Virus itu dulu sempat menyebar melalui berkas APK Android. Apa yang membuat ‘Selfmite.b’ begitu wajib diwaspadai?

Phone Arena menulis bisa virus tersebut bisa mengirim SMS ke semua daftar kontak ponsel otomatis tanpa diketahui oleh pemilik Android. Virus ini juga diklaim lebih cerdas daripada pendahulunya, ‘Selfmite.a’.

Jika ‘Selfmite.a’ mengirim SMS berisi tautan ke proses instalasi toko aplikasi pihak ketiga, ‘Selfmite.b’ mengirim SMS bertautan ke situs web berbahaya yang dilakukan secara berulang-ulang. Dengan demikian pulsa user akan cepat terkuras guna keperluan pengiriman pesan singkat itu.

Analis keamanan AdptiveMobile Denis Maslennikov mengatakan bila ‘Selfmite.b’ mengirimkan 150.000 pesan dalam kurun 10 hari dari 100 perangkat yang telah berhasil diinfeksi. Intensitas ini jauh lebih banyak dibanding generasi sebelumnya ‘Selfmite.a’.

Kasus virus ‘Selfmite.b’ telah dijumpai di sejumlah negara seperti Kanada, Tiongkok, Kosta Rika, Ghana, India, Irak, Jamaika, Meksiko, Maroko, Puerto Rico, Rusia, Sudan, Siria, Amerika Serikat, Venezuela, dan Vietnam.

Satu hal wajib yang patut dilakukan bagi mereka yang tidak ingin terinfeksi virus ini yakni selalu menunduh dan menginstal aplikasi Android dari toko aplikasi resmi, Google Play Store.

Advertisements
Virus Android Terbaru Berpotensi Sedot Pulsa | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better