Video Jokowi Pidato Berbahasa Inggris di KTT APEC Ramai di Youtube

Jokowi Ngomong Inggris

Video Jokowi pidato berbahasa Inggris sedang ramai di Youtube. Video tersebut adalah aksi presentasi Presiden Indonesia, Joko Widodo di hadapan perwakilan pimpinan negara-negara dan CEO Asia Pasifik di Beijing, China pada 10 November 2014. Jika dikatakan ramai, mengapa video tersebut sedang diperbincangkan?

Di satu video bertajuk ‘Joko Widodo, President of Indonesia, at the APEC CEO Summit’, Jokowi memaparkan sejumlah peluang dan potensi Indonesia. Selain gunakan Bahasa Inggris, Jokowi dibantu satu slide di layar besar yang ada di belakang dirinya.

Di hadapan para pemimpin negara dan CEO Asia Pasifik, Jokowi mencoba untuk ‘menjual’ potensi Indonesia. Segala peluang dijelaskan dengan gamblang yang mana intinya mengajak mereka untuk berinvestasi. Dalam penyampai presentasi itu, Jokowi terkesan terbata-bata namun secara umum presentasi yang disampaikan lancar tanpa kendala.

Video ini diunggah pada 9 November 2014 dan sejauh ini hingga Selasa (11/11) sore mampu torehkan 173 ribu penayangan dengan 3,1 ribu kesukaan dan 361 ketidaksukaan. Bagaimana dengan keterlibatan user di komentar? Ini yang menarik.

Diunggah oleh akun ‘apecsec’, sepertinya akun Youtube resmi APEC, komentar yang ada rata-rata berasal dari user Indonesia. Ada yang pro dan ada pula yang kontra, menyindir, dan membandingkan. Salah satunya seperti komentar di bawah ini:

“Dagelan Semar + Bagong | Bagong: Pak Opo bedanya pidato Bung Tomo sama Pak Jokowi di tgl 10 November | Semar: Bung Tomo mengusir penjajah nduk…,” tulis satu user Youtube Widi Jatmiko.

Meski ada komentar negatif namun rata-rata komentar yang ada bernada positif seperti satu user ini yang mengaku bukan orang Indonesia namun sangat menggilai mantan Wali Kota Solo itu. Jokowi diehard fans!

“I am not an Indonesian, but I have been a big fan of Jokowi for years. Look, I just can’t get why Indonesians bully or ridicule their own president. It is like you ridicule your father, who is speaking English awkwardly or fidgeting on a stage at your school. Does it make sense?” tulis user Heypary Xavier.

Advertisements
Video Jokowi Pidato Berbahasa Inggris di KTT APEC Ramai di Youtube | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better