UN Online Berbasis Komputer Tidak Terhubung Internet

Ujian Nasional

Ujian Nasional atau UN online ternyata tidak terintegrasi dengan internet melainkan berbasis komputer. Demikian penjabaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dalam sebuah kesempatan ia menekankan agar tidak salah menamakan perihal tersebut.

“Jangan keliru dalam menamakan. Ujian ini tidak tersambung dengan internet tapi yang tersambung satu sama lain atau LAN,” kata dia mengutip laman CNN Indonesia, Kamis (9/4).

Dengan LAN atau Local Area Network adalah sebuah jaringan yang bisa menghubungkan sejumlah komputer di wilayah tertentu. Cakupannya kecil dan Anies yakin pelaksanaan UN bisa lebih berkualitas apabila dilakukan berbasis komputer.

Kementerian ESDM digandeng untuk mendongkrak penyediaan komputer di daerah. Plus, kementerian tersebut juga diharapkan bisa mempercepat pengadaan listrik di daerah. Sebab, jumlah daerah yang tertinggal listrik tidaklah banyak dan pemerintah wajib melengkapi kebutuhan listirk daerah sekitar 20% untuk seluruh Indonesia.

Dari data yang ada, sebanyak 17 ribu lebih sekolah di Tanah Air belum teraliri listrik. Atas dasar itu Kementerian ESDM dan Kemendikbud Dasar Menengah membentuk gugus tugas untuk segera menyelesaikan permasalahan itu.

“Gugus tugas ini akan melakukan verifikasi ke lapangan untuk mengetahui situasi dan kondisi sebenarnya. Dari situ kemudian disusun rencana tindakan apa saja yang diperlukan,” ujar salah satu Timses Jokowi saat Pilpres 2014 lalu.

Advertisements
UN Online Berbasis Komputer Tidak Terhubung Internet | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better