Ujian Nasional Online Diujicobakan di SMA 78 Jakarta

Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) bisa jadi di masa mendatang akan dihelat secara online. Belum lama ini, satu sekolah menengah di Jakarta menggelar UN online sebatas uji coba yang dilakukan di tiga kelas berbeda dalam tiga sesi. Seperti apa?

SMA 78 di Jakarta Barat pada hari ini, Rabu 1 April 2015 menghelat UN online di tiga kelas. Ujian Nasional daring uji coba itu dilaksanakan di lantai 2 sekolah tepatnya di dua ruang kelas dan satu ruang komputer. Dalam satu kelas terdapat 40 unit komputer yang digunakan oleh 400 murid kelas XII.

Untuk satu mata pelajaran dibagi dalam tiga sesi. Sesi awal dibuka pukul 06.45 WIB hingga sesi terakhir selesai pada pukul 16.45 WIB. Dalam mengakses ujian nasional daring para siswa menginput nama dan nomor tanggal lahir dengan format DD/MM/YYYYY.

Kemudian, form pengisian data diri soal akan muncul. Masih sebatas uji coba, setiap soal yang selesai dikerjakan bisa langsung dilihat hasilnya. Ini bisa dilakukan karena server masih tersambung dengan sekolah.

Jika nanti UN dilaksanakan, semua jawaban akan masuk ke server Kemendikbud. Bagaimana dengan reaksi siswa? Mereka tidak panik menghadapi ujian dengan sistem online ini. Murid hanya mengeluhkan karena mata mereka kelahan akibat terlalu lama di depan layar komputer.

“Komputer kami memenuhi dan saya yakin akan lancar saja,” terang Sari, satu guru SMA 78 yang yakin sekolahnya sudah siap menggelar UN secara online.

Advertisements
Ujian Nasional Online Diujicobakan di SMA 78 Jakarta | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better