UEFA Minta Jatah 19 Negara Eropa di Piala Dunia 2022 Qatar?

UEFA Minta Jatah 19 Negara Eropa di Piala Dunia 2022 Qatar

UEFA meminta jatah kuota negara Eropa yang lebih banyak di Piala Dunia pada masa yang akan datang. Saat ini, konfederasi Eropa tersebut memiliki hak mengirim 14 peserta di Piala Dunia 2018 Rusia. Mungkinkah jumlah itu akan melesat jadi 19 negara seperti yang tercantum dalam ranking FIFA?

Di Piala Dunia 2014 musim panas lalu, UEFA menyertakan 13 peserta. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dari yang dimiliki CAF (konfederasi Afrika) dan AFC (konfederasi Asia). Namun bagi Gianni Infantino, sekretaris jenderal UEFA, hal ini belum cukup. Ia meminta FIFA mempertimbangkan prestasi negara-negara UEFA yang sukses memenangi tiga Piala Dunia terakhir.

Dikatakan oleh Infantino, “Saya pikir ada kesempatan besar bagi kami untuk memiliki 13 kuota. Jika Anda melihat secara objektif, berdasarkan fakta, ada 19 negara dari 32 besar ranking FIFA yang berasal dari Eropa. Selain itu, dalam tiga Piala Dunia terakhir (2006, 2010, dan 2014) juara selalu berasal dari Eropa (Italia, Spanyol, dan Jerman).”

“Jadi menurut sangat objektif dan fair jika UEFA meminta tambahan satu kuota lagi. Kami bisa meminta lebih dari satu. Tetapi, satu tambahan saja sudah cukup untuk menjadi pertanda baik demi olahraga.”

Menurut Gianni Infantino, memang ada isu bahwa FIFA akan mengurangi jatah UEFA di Piala Dunia. Meskipun demikian, ia tidak ambil pusing dengan isu tersebut. Bagi sang sekjen UEFA, negara-negara Eropa sudah terbukti berprestasi di Piala Dunia, dan berhak mendapatkan kuota lebih banyak.

“Saya tidak tahu apakah FIFA ingin mereduksi jumlah peserta (dari Eropa). Saya tidak berpikir demikian. Saya tidak bisa membayangkan Piala Dunia dengan peserta dari Eropa kurang dari 13 negara plus satu sebagai tuan rumah.”

“Jadi, apa pun spekulasi dan diskusi yang dijabarkan, 13 negara wakil Eropa adalah standard minimum bagi UEFA. Kami sudah membuktikan di lapangan, bahwa tambahan peserta layak diberikan kepada UEFA,” tambahnya.

Advertisements
UEFA Minta Jatah 19 Negara Eropa di Piala Dunia 2022 Qatar? | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better