Ubuntu Unity Capai Usia 4 Tahun

UnityUnity

Tak terasa desktop environment Ubuntu, Unity, telah mencapai usia 4 tahun. Seperti yang kita ketahui, desktop environment Unity pertama kali diperkenalkan bersama dengan distribusi Ubuntu Netbook Remix yang didesain khusus untuk Netbook. Kini Unity telah digunakan sebagai lengkungan desktop utama di Ubuntu Linux.

Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat adalah versi terakhir distro Ubuntu yang menggunakan desktop environment Gnome 2. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak penggemar Ubuntu mengatakan bahwa Ubuntu 10.10 ini adalah salah satu rilis terbaik dari distribusi Linux besutan Canonical. Di awal kehadirannya, banyak penggemar Ubuntu yang tak senang dengan Unity.

Canonical akhirnya secara resmi menggunakan Unity untuk menggantikan lingkungan desktop Gnome 2. Unity sendiri mengusung antarmuka yang sama sekali berbeda dengan Gnome 2 yang sudah akrab dengan pengguna. Meski demikian, pengembang Ubuntu saat itu tidak benar-benar meninggalkan paket Gnome 2.

Lalu apa alasan Canonical mengganti lingkungan desktop Gnome 2 dengan Unity? Spekulasi yang beredar saat itu menyebutkan bahwa saat itu pengembang Gnome 2 dan Canonical tidak lagi sejalan. Hal ini membuat Canonical mengembangkan sendiri lingkungan desktop baru yang menggunakan nama Unity yang digunakan hingga sekarang.

10 Oktober 2010 menjadi tanggal resmi dirilisnya lingkungan desktop Unity dan kini telah mencapai usia 4 tahun. Canonical dan Ubuntu mendapat banyak kritik tajam dari penggemar dan penggunanya karena adopsi Unity, tetapi mereka terus mengembangkannya dan memperbaiki kinerjanya.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (12/10/2014), kini Unity sudah begitu erat dengan Ubuntu Linux. Meski demikian, tak semua pengguna Ubuntu suka dengan Unity. Selamat ulang tahun yang ke empat Unity!

Advertisements
Ubuntu Unity Capai Usia 4 Tahun | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better