Ubuntu Linux Capai 20 Juta Pengguna, Menurut Canonical

Ubuntu 14.10 Utopic UnicornUbuntu 14.10 Utopic Unicorn

Sistem operasi Ubuntu Linux dikabarkan telah mencapai 20 juta pengguna di seluruh dunia. Hal ini membuat Ubuntu menjadi salah satu distribusi atau distro Linux yang paling banyak digunakan. Informasi ini diungkapkan langsung oleh Canonical sebagai perusahaan dibalik pengembangan OS Ubuntu Linux.

Canonical sendiri mengumumkan bahwa Ubuntu Linux telah mencapai 20 juta pengguna dan akan terus meningkat. Menurut perusahaan yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth, saat ini Ubuntu telah banyak diadopsi oleh lembaga publik, perusahaan swasta, dan lembaga pemerintahan di seluruh dunia. Hal ini juga memacu Canonical untuk terus mengembangkan Ubuntu agar dapat berjalan di pelbagai konfigurasi petangkat keras.

“Permintaan datang baik dari perusahaan dan segmen konsumen. Namun, kita melihat semakin banyak entitas pendidikan dan pemerintah membuat langkah menuju Open Source. Tidak hanya menyediakan OS aman untuk desktop, laptop, tablet dan server, tetapi Ubuntu juga datang dengan ribuan aplikasi gratis dan berbayar yang dapat diinstal hanya dalam beberapa klik,” kata Canonical.

Lalu bagaimana Canonical menghitung jumlah pengguna sistem operasi Ubuntu Linux ini? Sampai saat ini Canonical enggan membeberkan bagaimana metode perhitungan jumlah pengguna sistem operasi Ubuntu, seperti yang dilansir dari Softpedia (19/04/2015).

Sebelumnya, Canonical pernah menyematkan paket perangkat lunak dengan nama canonical-census yang disematkan di setiap sistem operasi Ubuntu. Namun paket aplikasi kecil ini menuai kontroversi dari sebagian besar pengguna dan komunitas open-source pada 2010 lalu dan aplikasi tersebut tak lagi terinstal dalam OS Ubuntu besutannya.

Advertisements
Ubuntu Linux Capai 20 Juta Pengguna, Menurut Canonical | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better