Twitter Bongkar Fakta Hilangnya Hashtag #ShameOnYouSBY

#ShameOnYouSBY

Lenyapnya tagar #ShameOnYouSBY mulai terkuak. Twitter di laman Reverb.twitter.com tampilkan infografis apa yang terjadi pada tanggal 26 – 28 September 2014. Berikut sekilas penjelasannya.

Pada periode tersebut, tagar #ShameOnYouSBY populer dan ramai diperbincangkan. Bahkan, hashtag tersebut mampu menduduki puncak trendic topic worldwide. Namun kemudian tagar itu mendadak hilang.

Muncul kemudian asumsi dan spekulasi mencoba menjawab penyebab hilangnya hashtag tersebut. Satu diantaranya adalah campur tangan pemerintah (sensor). Satu penjelasan dari Nukman Lutfie sedianya telah menjawab mengapa tagar tersebut hilang.

Twitter mencoba menanggapi apa yang terjadi dengan tagar #ShameOnYouSBY lewat laman Reverb.twitter.com. Infografis yang disajikan menunjukkan bila percakapan terkait telah mencapai 620 ribu kicauan. Namun, pada tanggal 27 September 2014, tagar #ShameOnYouSBY sudah tidak populer lagi yang pada akhirnya menghilang dari trending topic.

“Inilah yang menyebabkan mengapa hashtag menghilang dari tren, bukan karena permintaan khusus untuk menghapusnya,” demikian penjelasan Dickson Seow, juru bicara Twitter untuk Asia Pasifik.

Twitter menambahkan jika topik populer ditentukan oleh velositas atau kecepatan pembecaraan tentang suatu topik dalam jangka waktu tertentu bukan popularitasnya. Bisa saja topik #ShameOnYouSBY masih populer dan jadi tren namun tidak ada unsur kebaruan. Orang berkicau tentang topik itu juga percuma.

“Twitter lebih menyukai kebaruan daripada popularitas,” imbuh Seow.

Advertisements
Twitter Bongkar Fakta Hilangnya Hashtag #ShameOnYouSBY | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better