Tubuh Mudah Lelah, Pusing, dan Susah Konsentrasi Siang Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

dehidrasi

Rasa malas sepanjang hari ditambah dengan kepala pusing dan sulit berkonsentrasi mungkin akibat tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Di saat seperti ini biasanya tubuh memberikan sinyal rasa haus. Jika haus memang sudah muncul maka sesegera mungkin Anda sebaiknya segera minum air.

Jika sudah muncul gejala dehidrasi seperti itu, maka selain minum juga mesti diperhatikan takaran air yang perlu dikonsumsi dalam sehari. Barangkali Anda minum beberapa gelas per hari namun jumlah asupan yang diperlukan tubuh masih kurang. Dengan demikian tubuh belum mendapatkan caran tubuh yang seimbang.

Dikutip dari laman Care2, rata-rata orang hanya minum empat gelas air per hari. Takaran ini masih kurang dan bisa memunculkan gejala dehidrasi. Studi yang dilakukan di University of Connecticut menyimpulkan, bahkan dehidrasi ringan dapat mengubah suasana hati, tingkat energi seseorang dan kemampuan untuk berpikir jernih. Rasa haus belum muncul sampai kekurangan cairan mencapai 1-2 persen.

Ada keadaan tertentu yang menyebabkan cairan tubuh menurun begitu cepat sepeti berolahraga, stress, cuaca panas, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Wanta yang sedang menstruasi juga diketahui lebih cepat mengalami penurunan cairan tubuh.

Terkait dengan jumlah air yang mesti diminum, panduan yang dibuat Boston College ini mungkin membantu Anda untuk menyukupi asupan cairan per hari yang disesuaikan antara berat badan dan jenis aktivitasnya:

Berat badan (Kg) Aktivitas ringan Aktivitas normal Aktivitas berat
50 kg 9 cangkir 9 ½ cangkir 10 cangkir
60 kg 9 cangkir 10 cangkir 11 cangkir
70 kg 9 cangkir 10 cangkir 11 cangkir
80 kg 9 ½ cangkir 10 ½ cangkir 12 ½ cangkir
90 kg ke atas 9 ½ cangkir 11 cangkir 13 ¼ cangkir

Advertisements
Tubuh Mudah Lelah, Pusing, dan Susah Konsentrasi Siang Hari? Mungkin Ini Penyebabnya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better