Tokopedia dapat Investasi Rp 1,2 Triliun dari SoftBank & Sequoia Capital

Akuisisi

Tokopedia belum lama ini umumkan telah mendapat suntikan pendanaan sebesar USD 100 juta dari SoftBank dan Sequia Capital. Invetasi setara Rp 1,2 triliun ini tentu saja jadi satu kabar cukup mencengangkan di iklim startup teknologi di Indonesia.

Patut diketahui jika angka ini adalah yang terbesar dalam sejarah startup Nusantara. Bahkan sebelumnya, rekor akuisisi tertinggi baru capai angka USD 60 juta – yang baru dipublikasikan. Rekor itu dipegang oleh situs berita online Detik.

Suntikan dana oleh Sequoia Capital juga jadi yang pertama menyasar startup lokal. Sebelumnya, Sequoia Capital juga alirkan pendanaan ke sejumlah perusahaan global seperti Instagram, WhatsApp, LinkedIn, dan PayPal.

Tokopedia akan gunakan dana segar itu untuk pelbagai keperluan seperti akuisisi pelanggan, perekrutan, dan sejumlah inisiatif lain guna perkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.

Dalam satu keterangannya, William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, mengatakan jika pihaknya menyambut baik SoftBank Corp. dan Sequoia Capital sebagai pemegang saham baru mereka.

“Dengan ronde baru ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membentuk tim terbaik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu merchant kami, dan memberikan pengalaman berbelanja terbaik kepada pengguna kami,” imbuhnya.

Tokopedia sendiri secara konsisten mendapatkan pendanaan baru di tiap tahunnya. Sebut saja PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), BEENOS (2012), dan SB Pan Asia Fund (2013).

Sedangkan untuk investasi terkini, rencananya bakal dilangsungkan pada pertengahan Desember 2014. SoftBank dan Sequoia Capital kini masuk ke jajaran Board of Directors Tokopedia.

Advertisements
Tokopedia dapat Investasi Rp 1,2 Triliun dari SoftBank & Sequoia Capital | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better