Tips Simpan Sepatu Agar Bebas Jamur dan Bau

menyimpan sepatu

Menyimpan sepatu memang susah-susah gampang, apalagi jika sepatu Anda terbuat dari bahan kulit asli. Jika tak sesuai sepatu bisa menjamur, atau berbau dan rusak. Padahal ada beberapa jenis sepatu yang tak sering digunakan, atau hanya digunakan untuk acara tertentu saja. Ini membuat sepatu tersebut harus berada lama di penyimpanan.

Untuk itu ada beberapa tips menyimpan sepatu yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kondisi alas kaki itu agar tetap baik dan awet hingga waktu lama, tak menjamur, juga rusak atau bau.

Pertama Anda tentu harus menyediakan tempat penyimpanan terlebih dahulu. Pisahkan lemari untuk sepatu yang kerap digunakan, dengan sepatu yang jarang dipakai. Sepatu yang sering Anda gunakan pasti lebih mudah lembab karena keringat dan kotoran lainnya. Jadi letakkan di rak terbuka agar udara dapat menghilangkan keringat yang melembabkan sepatu.

Untuk sepatu yang jarang digunakan, boleh diletakkan di lemari tertutup. Ini menghindarkannya dari debu, sehingga Anda tak usah sering membersihkannya. Baiknya kotak sepatu asli dari pembelian, digunakan untuk menyimpan kembali sepatu yang sama. Selain lebih rapi, kotak sepatu juga memudahkan Anda mengingat sepatu apa yang ada di dalamnya.

Beri kamper atau silika gel agar tak lembab dan memicu jamur. Jika usai memakai sepatu berbahan kulit, angin-anginkan dulu hingga kering kemudian simpan kembali di kotaknya.

Masukkan gumpalan koran atau kertas ke dalam sepatu agar bentuk sepatu tidak berubah. Koran tersebut juga berfungsi menyerap kelembaban sehingga sepatu tak bau dan berjamur. Bersihkan dan angin-angin sepatu 2 minggu sekali untuk membuatnya tetap terlihat kinclong. Selamat mencoba.

Advertisements
Tips Simpan Sepatu Agar Bebas Jamur dan Bau | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better