Tips Merawat Mata dari Berbagai Penyakit Berbahaya

mata sehat

Kesehatan mata perlu diperhatikan seperti halnya merawat bagian tubuh lain. Mata yang sehat akan mengoptimalkan penglihatan. Oleh sebab itu, merawat mata perlu dilakukan secara kontinyu sembari menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Dikutip dari Care2,berkut beberapa tips menjaga kesehatan mata:

Konsumsi makanan sehat. Jenis makanan yang diperlukan untuk kesehatan mata adalah yang mengandung antioksidan hingga vitamin-vitamin, Ini dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.Termasuk pula, omega 3 yang banyak terdapat pada ikan juga membuat sel-sel mata sehat. Berbagai nutrisi ini dapat mencegah masalah masa seperti degenerasi macula hingga gangguan penglihatan semisal rabun.

Hindari paparan sinar matahari. Penyakit mata yang dapat muncul karena sinar matahari adalah katarak. Sinar ultraviolet membuat lensa mata mengalami kekeruhan sehingga mengaburkan pandangan. Cegah sinar matahari masuk mata dengan memakai topi dan kacamata anti UV. Katarak bisa pula dipicu oleh diabetes, hipertensi, obesitas, merokok, cedera mata, operasi mata, dan konsumsi alkohol.

Tidak merokok. Selain buru bagi jantung dan paru-paru, merokok dapat merusak mata. Orang yang merokok lebih besar risikonya untuk terkena degenerasi macula dan katarak.

Rutin berolahraga. Menurut studi yang diterbitkan British Journal of Ophthalmology, orang yang rajin berolahraga 70 persen lebih kecil untuk mengalami degenerasi makula. Paling mudah, cukup lakukan jalan kaki 30 menit setiap hari.

Sesuaikan ukuran lensa kacamata atau softlens dengan tepat jika diperlukan. Mata perlu bantuan untuk memfokuskan bayangan pada retina jika seseorang mengalami rabun jauh, rabun dekat, atau mata silinder. Alat bantu penglihatan diperlukan agar mata selalu bisa fokus pada objek.

Periksakan mata setahun sekali. Selain untuk mengecek kemungkinan rabun, pemeriksaan mata juga bisa menemukan menemukan kejadian penyait mata lain seperti glukoma atau kanker mata. Semakin cepat terdeteksi dini, kemungkinan besar dapat diatasi lebih tuntas.

Advertisements
Tips Merawat Mata dari Berbagai Penyakit Berbahaya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better