Tips Merawat Gigi Palsu Agar Awet Digunakan

gigi tiruan

Memakai gigi palsu atau gigi tiruan memang tak senyaman gigi asli. Merawatnya pun butuh waktu tersendiri, dengan sedikit perbedaan dibanding merawat gigi asli. Adapun jangka waktu maksimal memakai gigi palsu yang sama adalah 5 tahun, demikian diterangkan oleh drg. Susi R. Puspitadewi Sp. Prost yang dilansir oleh laman Fimela. Lebih dari 5 tahun, maka dikhawatirkan bentuk gigi sudah berubah, tak sesuai dengan bentuk rahang lagi, atau sudah rusak.

Untuk cara perawatan gigi palsu berikut diungkap oleh drg. Susi, seperti berikut ini:

Jenis makanan yang Anda pilih untuk dikunyah dengan gigi palsu, sebaiknya memang yang lunak dan tak begitu keras seperti daging. Makanan keras akan membuat gigi lekas terkikis permukaannya, juga gigi berisiko copot atau rusak. Tekanan kunyah pun disarankan merata.

Melepaskan gigi palsu di waktu-waktu tertentu baik bagi kesehatan mulut. Gusi dan mulut juga perlu istirahat dan bernafas. Paling tidak 6-7 jam per hari Anda harus melepaskan gigi palsu, agar bakteri tidak menumpuk di bawah gigi palsu. Bakteri bisa memicu bau mulut berlebih.

Cara membersihkan gigi palsu cukup mudah. Usai melepaskannya, rendam di dalam air bersih. Dengan merendamnya di air bersih, kuman dan bakteri tidak menempel di gigi tiruan tersebut. Tambahkan cairan pembersih untuk lebih baiknya lagi. Sikat gigi dengan sikat yang biasa, ditambah pembersih. Plak tak akan menempel jika Anda membersihkan dengan baik.

Advertisements
Tips Merawat Gigi Palsu Agar Awet Digunakan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better