Tanyakan Hal Ini Jika Anda Ingin Menyewa Apartemen

SilangHati.com – Mencari apartemen yang sesuai dengan kehendak bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi, bukan pula masalah yang susah jika Anda mengetahui tips-triknya. Kebanyakan netizen pasti berpikir bahwa memilih apartemen cukup cari di web online saja; misalnya jika ingin mencari info apartemen di Banten, yang dilakukan oleh para calon penyewa baru adalah Googling, cari yang sesuai isi dompet, melihat calon unit apartemen lalu jika merasa oke, menyepakati kontrak sewanya.

Tidak sepenuhnya salah alur mencari apartemen seperti di atas. Hanya saja, kenyataannya tidak sesimpel itu. Lantas, seperti apa? Simak terus šŸ˜‰

Sedikitnya, tanyakan 7 pertanyaan di bawah ini kepada pemilik ataupun pengelola apartemen sebelum Anda menandatangani kontrak sewa. Sebab, hal kecil terkadang bisa membuat Anda kurang nyaman dengan apartemen yang awalnya Anda kira bagus.

#1 Apakah di kemudian hari, penyewa boleh mendekorasi atau memperbaiki ruangan; baik yang sifatnya mempercantik ataupun reparasi yang sifatnya darurat? Apakah ada malfungsi dalam unit apartemen yang mau disewakan? Jika ada, bisa dituliskan?

Umumnya, pemilik apartemen akan berkata:

Apartemen wajib terlihat seperti sediakala saat Anda menyewanya di hari pertama.

Sebab, melanggar peraturan yang ada bisa membuat Anda kehilangan deposit awal atauĀ uang jaminan. Oleh sebab itu wajib menanyakan terutama jika ada keadaan darurat yang mengharuskan adanya perbaikan atau perubahan (memperbaiki AC ruangan misalnya). Apalagi jika yang disewa adalah apartemen fully-furnished, Anda wajib berhati-hati.

Contoh Ruangan Apartemen

#2 Apakah Diperkenankan Membawa Hewan Peliharaan?

Terkadang, secara umum kawasan apartemen memperbolehkan orang yang tinggal di sana membawa hewan peliharaan. Hanya saja, ada juga yang tidak mengizinkan penyewa membawa hewan ke dalam unit. Atau, ada juga yang memperbolehkan kucing atau anjing berukuran kecil saja. Sehingga, jangan membawa yang berukuran besar serertiĀ anjing jenis labrador.

Umumnya ada klausul tersendiri tentang hewan peliharaan ini di dalam perjanjian sewa. Untuk berjaga-jaga jika tidak tersedia, maka Anda wajib menanyakannya

#3 Lahan Parkir? Seperti Apa Aturannya?

Anda yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi ke kantor, jelas lahan parkir adalah hal wajib yang Anda tanyakan saat ingin menyewa apartemen. Jika perlu, setelah menanyakan Anda langsung melihat kondisi real parkiran yang tersedia. Yang paling ideal adalah 1 apartemen mendapat 1 lahan parkir. Jika terlihat begitu sesak, Anda bisa menanyakannya mengapa bisa terjadi demikian.

#4 Apa yang Termasuk dan Tidak Termasuk Dalam Biaya Sewa?

Ini harus tanyakan juga agar tidak kaget akan biaya yang dikeluarkan nantinya. Biaya-biaya yang mungkin terpisah seperti biaya perawatan (maintenance), biaya internet,Ā bahkan biaya parkir. So, Anda kudu cermat menghitung total biaya yang dikeluarkan per bulannya. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan apartemen yang biaya parkir dan maintenance-nya sudah include biaya sewa šŸ˜€

#5 Apakah Biaya Sewa Sering Naik? Seberapa Banyak?

Ini sering terjadi saat renewal atau memperpanjang masa penyewaan. Jika apartemen incaran Anda sewanya akan berakhir, maka wajib menanyakan perihal kenaikan biaya sewa ini. Hanya saja, seharusnya tidak begitu besar biaya kenaikannya. Mungkin tidak lebih dari 10%. Namun begitu, tetap saja sebaiknya Anda tahu lebih dini.

#6 Keamanan Apartemen?

Seperti apa keamanan yang diterapkan di apartemen itu? Ada CCTV?, Private Access Card? Kamera di pintu? Keamanan lahan parkir? Jika ada kerusakan saat parkir siapa yang bertanggung jawab? dan lain-lain. Selain itu, keamanan lingkungan sekitar apartemen juga patut Anda tanyakan. Cobalah berjalan-jalan di seputaran wilayah apartemen dan lihat interaksinya.

#7 Berapa Biaya Depositnya? Apa saja yang Menyebabkan Uang Deposit tidak Dikembalikan?

Umumnya, biaya deposit sama dengan biaya satu bulan menyewa. Akan tetapi, yang wajib Anda ketahui adalah hal-hal apa saja yang bisa membuat hangus uang deposit.

Mudah-mudah dengan 7 pertanyaan di atas, Anda tidak lagi kebingungan menentukan lokasi sewa apartemen yang menjadi idaman Anda. Selamat berburu ^_^

Tanyakan Hal Ini Jika Anda Ingin Menyewa Apartemen | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better