Tips Menggunakan Toilet Umum agar Tetap Higienis

toilet umum

Toilet umum sangat penting artinya buat para traveller. Pasalnya, di tempat inilah pelancong bisa dengan leluasa buang hajat tanpa kesulitan. Walapun untuk buang air kecil maupun besar harus bayar, toilet umum tetap laris dimanfaatkan.

Namun jika Anda menggunakan toilet umum, ada baiknya tetap memperhatikan kebersihan. Tempat tersebut bukan milik pribadi yang mungkin tidak selalu dijaga kebersihannya secara ketat. Sehingga, menjaga higienitas dapat menghindarkan diri dari kontaminasi kuman. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan kala menggunakan toilet umum:

  1. Saat memilih toilet, pastikan pendukung higienitas tersedia seperti air bersih atau tisu toilet. Anda perlu membersihkan sisa-sisa kotoran saat buang air sehingga mencegah kontaminasi kuman.
  2. Jika toilet menggunakan kloset duduk dan ingin memakainya, gunakan tisu basah atau semprotan desinfektan untuk mengelap permukaannya lebih dahulu. Jika tidak membawa, gunakan tisu toilet yang tersedia untuk membersihkan. Ambil beberapa roll tisu untuk ini. Kalau toilet memakai kloset jongkok, siram permukaannya dengan air lebih dulu.
  3. Setelah selesai buang air, bersihkan area kemaluan ataupun area anus dengan air bersih yang tersedia. Sentor kotoran Anda sampai bersih. Lanjutkan mengeringkan area tersebut menggunakan tisu yang tersedia agar tidak lembab.
  4. Lanjutkan dengan mencuci tangan sampai bersih. Jika ada wastafel, Anda dapat cuci tangan di sana. Ambil sabun cair yang tersedia untuk menyeterilkan dan cuci dengan air mengalir selama 10-20 detik.. Kalau tidak ada sabun cukup cuci tangan sampai bersih, keringkan, dan pakai cairan antiseptik atau tisu basah.
  5. Saat keluar, pakai tisu lain untuk memegang gagang pintu. Gagang pintu adalah salah satu tempat yang banyak kuman.

Advertisements
Tips Menggunakan Toilet Umum agar Tetap Higienis | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better