Tips Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Agar Tidak Cepat Penuh

Tablet

Pernahkah Anda merasa ruang penyimpanan di gadget cepat penuh? Bagi yang jarang memperhatikan perangkatnya, ruang penyimpanan bisa depat terisi akibat banyak hal. Jika tidak “dirawat,” maka akan cepat terisi tanpa disadari. Berikut tips mengatasi ruang penyimpanan Android agar tidak cepat penuh.

Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Mengapa dihapus? Pertama jelas karena jarang dipakai atau tidak pernah digunakan. Buat apa dipertahankan? Kedua, update aplikasi bisa buat memori penuh apalagi jika di-set otomatis. Tips menghapusnya, masuk ke setting dan pilih aplikasi yang ingin dihapus, kemudian clear data dan clear cache sebelum pilih uninstall.

Atur Penyimpanan Media

Ada banyak layanan cloud yang memberikan storage gratis hingga bergiga-giga. Ini bisa dimanfaatkan daripada menyimpan di memori perangkat. Jika memang file media di pernagkat sudah sesak, ada baiknya ditransfer ke komputer atau media penyimpanan lain. Sebut saja hardisk eksternal.

Cloud Streaming

Suka mendengar musik namun lagu yang dinikmati hanya itu-itu saja? Pindahkan saja musik terpilih ke layanan cloud. Dengan layanan itu maka musik bisa dinikmati kapan saja di lintas perangkat. Tapi, cara ini memakan kuota data sebab memakai akses internet.

Bersihkan Cache dan Data Berkala

Perangkat akan sesak dengan chace seiiring dengan waktu. Untuk itu bersihkan secara berkala. Caranya, masuk ke setting lalu pilih storage dan clear data. Atau, Anda bisa menginstal aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan proses ini. Sebut saja aplikasi CCleaner.

Advertisements
Tips Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Agar Tidak Cepat Penuh | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better