Tips Memilih dan Mengganti Lampu Depan Sepeda Motor

headlamp

Lampu motor depan (headlamp) ada masa kadaluarsanya. Kala sudah tidak nyala sudah waktunya untuk diganti. Asal memahami cara membuka batok casing depan yang menjadi penutup lampu, penggantiannya mudah. Tinggal beli lampu baru dan pasang.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti lampu depan. Dikutip dari laman Okezone, berikut tipsnya:

  1. Beli lampu terang tapi tidak menyilaukan. Warna lampu depan yang sesuai dengan aturan lalu lintas di Indonesia memiliki kilau kuning. Selain itu pilih jenis lampu standar yang sesuai spesifikasi pabrikasi motor Anda.
  2. Usahakan membeli lampu ketika menjelang senja. Ini untuk mengecek warna, kekuatan terangnya lampu, jangkauan, dan fokusnya. Pilih yang lebar sudutnya sesuai pandangan mata. Oleh sebab itu, dalam mengganti baiknya di tempat yang tidak sempit atau saat teriknya matahari.
  3. Setelah mengetahui beberapa hal dalam poin kedua tersebut, waktunya untuk mengganti lampu lama dengan yang baru. Usahakan posisi motor atau setang tidak bergeser. Setelah diganti lakukan pengujian ulang terhadap warna, terangnya lampu, jangkauan, dan fokusnya. Jika kurang nyaman atau dimungkinkan mengganggu pemakai jalan di depan, atur agar tidak terlalu ke atas. Pengujian ini sekaligus untuk melihat sejauhmana kualitas lampu setelah terpantul lewat reflektor.

Advertisements
Tips Memilih dan Mengganti Lampu Depan Sepeda Motor | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better